6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

MANFAAT : Puasa menjadi ritual dalam menunaikan tuntutan agama, juga disebut memiliki sejumlah dampak baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh ini telah dibuktikan oleh banyak hasil penelitian. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Melatih keimanan, meningkatkan spiritual, serta mengejar ampunan dari Allah SWT merupakan beberapa dari alasan utama seseorang menjalankan ibadah puasa. Memang betul, berpuasa merupakan kegiatan yang membawa berbagai kebaikan, lantaran bulan Ramadan yang selalu dinanti-nanti.

Tapi, tahukah kamu ? Rupanya terdapat berbagai manfaat puasa lainnya yang bisa dirasakan bagi tubuh. Berbagai manfaat yang didapatkan saat berpuasa, membuat banyak orang menjadikan puasa sebagai gaya hidup.

Berikut ini manfaat puasa untuk kesehatan :

1. Memperbaiki Gula Darah

Puasa membawa manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

2. Mengurangi Kolesterol Tubuh

Manfaat puasa yang kedua dapat dirasakan pada kadar kolesterol tubuh, pasalnya puasa mampu mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins). Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kolesterol menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi, seperti serangan jantung.

3. Mengurangi Lemak Tubuh

Terkadang, dokter akan mendorong kamu mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung. Jika kamu sedang mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu meredakan asupan kalori kamu dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

4. Menjadi Metode Detoks

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga menyatakan bahwa manfaat puasa salah satunya adalah untuk mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi berguna dalam membuang toksin atau zat-zat buruk yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita.

5. Membantu Menghentikan Merokok

Pendapat seputar merokok dapat membatalkan puasa ada beragam. Namun, kamu bisa memanfaatkan berpuasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok, selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, kamu dapat terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

6. Mengurangi Peradangan

Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung, untungnya, puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan, agar manfaat puasa semakin terasa ada baiknya kita mengimbanginya dengan pola hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Advertisements

(Red2/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,500