6 Langkah Membuat Tempe Goreng Gurih dan Renyah

FAVORIT: Tempe Goreng adalah makanan lauk pauk favorit untuk orang Indonesia baik anak-anak maupun orang tua.Tidak hanya rasanya yang lezat tetapi juga gurih dan renyah.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Tempe adalah makanan favorit yang sangat populer di Indonesia, tidak hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena harganya yang terjangkau. Tempe memiliki cita rasa unik yang kaya, hasil dari proses fermentasi.

Tempe bisa dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Salah satu olahan tempe yang populer adalah tempe goreng.

Tempe goreng dibuat dengan memotong tempe tipis-tipis atau mengiris-irisnya, kemudian menggorengnya dalam minyak panas hingga menjadi renyah dan berwarna kecoklatan di luar. Proses ini memberikan tekstur renyah pada luar tempe sementara bagian dalamnya tetap lembut.

Meski tampak sederhana, membuat tempe goreng yang gurih dan renyah bisa cukup menantang. Tempe yang renyah memberikan kenikmatan tersendiri saat dikonsumsi.

Berikut ini kami berikan tips menggoreng tempe yang renyah untuk lauk makan sehari-hari.

Tips Menggoreng Tempe agar Renyah

Berikut langkah-langkah untuk menggoreng tempe sehingga menghasilkan kerenyahan yang tahan lama:

1. Potong tempe dengan ukuran yang seragam

Memotong tempe dengan ukuran yang seragam sangat penting untuk memastikan tempe matang secara merata dan menghasilkan kerenyahan yang konsisten. Disarankan memotong tempe sekitar setengah hingga satu inci untuk hasil optimal.

2. Rendam tempe dalam bumbu dan baking soda

Merendam tempe sebelum digoreng adalah langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Gunakan campuran air garam dan baking soda untuk merendam, karena baking soda membantu melunakkan tempe dan menciptakan lapisan luar yang renyah saat digoreng. Rendam tempe selama 30 menit sebelum digoreng.

3. Perhatikan suhu minyak penggorengan

Menjaga suhu minyak penggorengan yang tepat adalah kunci mendapatkan kerenyahan yang diinginkan. Panaskan minyak hingga mencapai suhu sekitar 350°F hingga 375°F (177°C hingga 190°C) untuk memastikan tempe dimasak merata dan mencapai kerenyahan pada lapisan luarnya.

Advertisements

4. Goreng secukupnya dalam wajan

Hindari menggoreng terlalu banyak tempe sekaligus di dalam wajan. Meletakkan terlalu banyak tempe dapat menyebabkan penurunan suhu minyak dan membuat tempe terlalu berdesakan. Goreng tempe dalam jumlah yang cukup agar setiap potongan mendapatkan kontak yang cukup dengan minyak panas.

5. Balik tempe secara merata

Selama proses penggorengan, pastikan untuk membalik tempe secara merata agar setiap sisi mendapatkan kontak dengan minyak panas. Ini membantu menciptakan kerenyahan yang merata di seluruh potongan. Balik tempe setiap beberapa menit untuk hasil optimal.

6. Tiriskan

Setelah tempe selesai digoreng, letakkan di atas tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyak. Penirisan yang baik membantu mempertahankan kerenyahan tempe dan mengurangi kadar minyak yang tidak diinginkan. Pastikan memberi cukup waktu untuk penirisan sehingga tempe tidak terlalu berminyak.

Selamat mencoba..
(Red1/Menu Dapoer)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,602