6 Cara Hilangkan Rasa Ngantuk saat Berpuasa

TANTANGAN : Saat menjalani ibadah puasa, tantangan yang paling umum dirasakan selain rasa haus dan lapar di siang hari adalah menahan rasa ngantuk. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Aktivitas masyarakat tetap sama saat bulan puasa Ramadhan. Menahan diri untuk tidak makan dan minum di siang hari mungkin tak sulit.

Namun, kendala terbesar yang dialami kebanyakan orang saat berpuasa adalah rasa mengantuk yang sering datang saat sedang bekerja. Apalagi, kadar gula darah akan menurun saat berpuasa, sehingga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi.

Hal itu menyebabkan kantuk, yang bahkan terkadang bisa memengaruhi produktivitas, terutama pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan kantuk, misalnya sekitar pukul 14.00 hingga 17.00 sore.

Jika pada hari-hari non puasa bisa mengusir kantuk dengan minum kopi atau makan camilan agar tetap terjaga, maka perlu mencari cara lain untuk mengatasi serangan kantuk ketika sedang berpuasa.

Berikut cara efektif mengatasi ngantuk saat puasa agar tetap produktif dan ibadah tetap lancar :

1. Atur jam tidur

Saat puasa, akan ada perubahan dalam pola tidur karena kamu harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah alasannya orang sering merasa mengantuk karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Namun jangan juga menghabiskan sepanjang waktu berpuasa untuk tidur. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan tubuh mengalami lelah, pusing, tak bertenaga, dan memicu ngantuk di siang hari.

Penelitian menunjukkan bahwa selain jam tidur, menjaga kualitas tidur juga sama pentingnya, jika tidak ada kebutuhan mendesak, hindari tidur larut malam. Tidurlah lebih cepat dari biasanya, atau tidur lepas salat Tarawih sehingga tubuh mendapat cukup istirahat dan bisa bangun sahur tanpa rasa malas dan terhindar dari ngantuk pada siang hari.

2. Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin dapat membuat tubuh segar secara instan jika kamu mulai merasa mengantuk. Suhu air yang dingin dapat melancarkan sirkulasi darah dan memberi energi pada tubuh, terutama jika kamu punya problem kesulitan bangun awal.

Air dingin juga dapat mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan, sehingga sangat baik untuk mengatasi bengkak yang mungkin muncul di wajah. Sebelum memulai mandi, coba guyur wajah dengan air dingin beberapa kali untuk meningkatkan rasa segar.

Advertisements

3. Usir Ngantuk dengan Berwudu

Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk mandi, cobalah berwudu dengan air dingin, selain merupakan bagian dari ritual pembersihan diri menjelang salat, wudu juga membuat badan menjadi segar dan rileks.

Mengusap air ke wajah melalui wudu memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh untuk lebih terjaga sehingga kamu dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaan. Selain itu, membasuh air di bagian lain seperti lengan dan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh.

4. Mengobrol

Mengobrol juga bisa membantu meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan konsentrasi yang pada akhirnya membantu sebagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa.

5. Tidur Siang

Karena kamu tidak perlu menggunakan waktu istirahat untuk makan siang, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk tidur siang yang nyenyak. Tapi jangan kebablasan, cukup tidur siang singkat selama 20 menit setelah salat Duhur dapat mengembalikan semangat, pikiran yang lebih segar, dan lebih produktif dalam menjalani aktivitas kamu selama puasa Ramadan.

6. Lakukan Peregangan

Ketika sudah mulai ada tanda-tanda mengantuk, cobalah beristirahat dan lakukan peregangan sederhana untuk melemaskan otot-otot kamu agar tak kaku.

Kamu juga bisa membuat tubuh bergerak seperti berjalan selama beberapa menit sembari menghirup udara segar. Cara ini memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak sehingga mengusir rasa kantuk.

(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,621