5 Pertimbangan Sebelum Membeli Barang, agar Tak Berakhir Sia-sia

MANFAAT : Saat membelanjakan uang untuk membeli barang, terkadang kita tidak memikirkan terlebih dahulu apakah yang kita beli itu sebuah kebutuhan atau cuma sekadar keinginan. Jika asal beli, tanpa mengetahui manfaat dan kegunaan barang tersebut, tentu hanya akan menghambur-hamburkan uang saja. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Dilansir dari zonautara.com, tingkat kedewasaan seseorang dalam mengelola keuangan dapat di lihat dari bagaimana memutuskan atau merencanakan bagi dirinya terkait kebutuhan dalam membeli sesuatu.

Dihadapkan dengan berbagai keinginan, tentu hal ini tidak bisa dibilang mudah. Akan ada banyak hal-hal yang mempengaruhi, yang kemudian membutuhkan keputusan mutlak dari diri orang itu sendiri.

Melihat keadaan seperti ini, perlunya bagi kamu mengerti dan memahami bagaimana sebenarnya membuat keputusan yang tepat serta pertimbangan yang tepat pula dalam kamu menggunakan uang/budget untuk sebuah kebutuhan atau menyangkut tentang keinginan saja.

Berdasar dari alasan di atas, berikut ini kami berikan beberapa hal sebagai tips untuk kamu lakukan menyangkut pertimbangan sebelum membeli sesuatu. Yang semoga dapat membantu kamu dalam menjadi seseorang yang dewasa dalam mengelola keuanganmu.

1. Mempertimbangkan tentang kemampuan keuanganmu

Tidak boleh tidak, hal ini merupakan bagian pertama yang harus kamu pikir dahulu. Jangan sampai dalam membeli sesuatu kamu harus memaksakannya dengan cara berhutang, apalagi hanya demi keinginan untuk tidak ingin ketinggalan trend segala.

Kondisi seperti ini memang tidak mudah, tapi dengan memiliki rasa kedewasaan dan kebijaksanaan dari dalam diri kamu tentu akan bisa mengendalikan rasa keinginan itu.

2. Mempertimbangkan tentang kegunaan atau fungsi

Perlunya kamu mengetahui kegunaan atau fungsi dari barang yang akan kamu beli ini. Jangan membeli sesuatu yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat atau hanya merugikanmu saja.

Kamu sudah bersusah payah dalam bekerja untuk mencari uang, tentunya kamu tidak ingin gaji atau pendapatan kamu terbuang sia-sia. Untuk itu, pentingnya bagi kamu memperimbangkan hal ini, dengan memikirkan fungsi dan manfaat dari barang yang nantinya kamu beli.

3. Mempertimbangkan jenis atau tipe barang yang akan dibeli

Biasanya untuk menentukan apakah jenis tipe barang yang akan dibeli ini baik atau memenuhi spesifikasi yang kamu inginkan, rahasianya bisa kamu gunakan cara dengan mencari refrensi di berbagai platform media sosial.

4. Mempertimbangkan tentang merk

Semua orang tentu akan kembali melihat merk ini sebagai hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli sesuatu. Semakin baik dan terkenalnya sebuah merk, tingkat kepercayaan orang tersebut untuk membelinya akan semakin tinggi.

Advertisements

5. Mempertimbangkan tentang kebutuhan mendesak

Tentunya dihidup akan ada banyak hal-hal tak terduga yang akan terjadi pada diri setiap orang. Hal inilah yang juga patut kamu ketahui, tentang bagaimana memutuskan untuk membeli sesuatu dikarenakan kebutuhan yang mendesak.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli sesuatu. Semoga tips ini bermanfaat untukmu!

(Red2/Perbelanjaan)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 63,096