Wisuda, Momen Mengharukan yang Ditunggu Mahasiswa dan Orang Tua

TERBAIK : Berdiri di atas podium yang didampingi oleh kedua orangtua pada saat dinobatkan sebagai wisudawan terbaik, merupakan momen langka dan tak terduga yang sangat membanggakan dan mengharukan bagi wisudawan dan orang tua nya. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Seorang mahasiswa hanya dapat diwisuda setelah menempuh semua mata kuliah dan menyelesaikan skripsinya. Bisa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi untuk meraih gelar sarjana tidaklah mudah. Tidak semua mahasiswa dapat menempuh gelar sarjana tepat selama 4 tahun.

Beberapa mahasiswa biasanya terkendala saat menyelesaikan kuliahnya karena bersamaan dengan mereka bekerja. Oleh karena itu bagi sebagian besar mahasiswa, mampu menamatkan kuliahnya dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tidak terlalu tinggi dirasa sudah cukup.

Hampir semua mahasiwa tidak ingin mengulang mata kuliah yang sudah lulus dengan nilai C atau B hanya untuk mendapatkan nilai A. Karena hal tersebut tentu akan menambah biaya kuliah serta memperpanjang waktu kuliah dari yang seharusnya.

Namun bagi sebagian mahasiswa lainnya, mendapatkan IPK Cum Laude dirasa penting untuk kesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan atau peluang karir yang lebih baik di masa depan.

Setiap kali digelar acara wisuda, pasti akan ada 1 mahasiswa yang akan dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari masing-masing program studi berdasarkan IPK. Nama mereka akan disebutkan di hadapan seluruh wisudawan dan wisudawati beserta dengan orang tua mereka.

Wisudawan terbaik akan dipanggil untuk maju ke atas podium yang didampingi oleh kedua orang tuanya. Masing-masing dari mereka akan mendapatkan piagam penghargaan yang biasanya diserahkan langsung oleh Pimpinan perguruan tinggi tersebut.

Momen ini merupakan salah satu dari sekian momen yang paling mengharukan dan menjadi pusat perhatian pada saat acara wisuda digelar. Bagaimana tidak? Orang tua mana yang tidak akan bangga menyaksikan anak mereka dinobatkan sebagai lulusan terbaik? Bahkan apabila mahasiswa hanya bisa sekedar lulus sudah menjadi momen yang membanggakan bagi orang tua.

Hampir semua wisudawan terbaik tidak pernah tahu atau menyangka bahwa mereka adalah yang akan menjadi lulusan terbaik. Bahkan mereka cenderung tidak pernah merasa lebih baik daripada mahasiswa lainya sewaktu masih menjadi mahasiswa.

“Saya tidak pernah menyangka bisa meraih predikat sebagai lulusan terbaik. Selama masa kuliah saya hanya berusaha untuk terus belajar secara maksimal, ” kata Ryan salah satu Wisudawan Terbaik STMIK YMI Tegal.
(Red3/Pendidikan)

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,386