Wali Kota Tegal Resmikan Bank Ina Tegal

PERESMIAN : Pengguntingan pita oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono bersama Direktur Utama Bank Ina, Kepala OJK dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia saat peresmian Kantor Cabang Bank Ina di Kota Tegal yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kota Tegal. (Beenews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono meresmikan operasional Bank Ina Tegal. Peresmian dilaksanakan dengan pengguntingan pita rangkaian bunga bersama Direktur Utama Bank Ina, Kepala OJK dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia saat Grand Opening Kantor Cabang Bank Ina yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kota Tegal, Rabu (01/3).

Wali Kota Tegal memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan menyambut baik atas dibukanya Kantor Cabang Bank Ina di Kota Tegal.

‘’Saya berharap semoga dengan adanya kantor cabang ini, akan lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan melalui pelayanan perbankan baik manual maupun digital, baik untuk keperluan pribadi, maupun keperluan usaha dan pemerintahan. Kehadiran Kantor Cabang PT Bank Ina di Kota Tegal kiranya dapat menjadikan PT Bank Ina lebih dekat dengan masyarakat sehingga bank menjadi pilihan seluruh nasabah dan stakeholder untuk bertransaksi melalui PT Bank Ina,’’ ujar Dedy.

Selain itu, Bank Ina diharapkan Wali Kota agar mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi perkembangan daerah dan masyarakat dalam memperoleh kemudahan dalam menggunakan jasa-jasa perbankan, mengembangkan usaha, serta dapat menciptakan distribusi ekonomi yang adil, mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan daya beli masyarakat yang tentunya akan membawa dampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Utama Bank Ina, Daniel Budirahayu menyampaikan bahwa Bank Ina Perdana berdiri tahun 1990 dan tahun 1991 mulai beroperasi setelah mendapat ijin operasional dari Kementerian Keuangan.

‘’Selama ini konsentrasi kami di Jakarta dan sekitarnya, sehingga banyak orang – orang di kota lain yang belum mengenal Bank Ina Perdana. Gebragan yang dilakukan Bank Ina dimulai tahun 2014 ketika Bank Ina pertama mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia di Jakarta sehingga Bank Ina dapat menambah dan memperkuat permodalannya dari Rp. 200 miliar menjadi Rp. 400 miliar. Tahun 2020 kami mendapat ijin sebagai bank devisa jadi para nasabah Bank Ina dapat melakukan transaksi valuta asing dan juga bisa melakukan pembiayaan untuk ekspor maupun impor finance,’’ ujar Daniel.

Daniel juga mengungkapkan bahwa banyak orang bertanya kenapa Bank Ina kenapa memilih Tegal.

‘’Kami melihat Tegal ini salah satu kota yang seharusnya mendeklarasikan sebagai kota pendidikan, karena masyarakat Indonesia hanya tahu Jogja, Malang sebagai Kota pendidikan. Ternyata kunjungan pertama saya di Kota Tegal banyak perguruan tinggi khususnya Politeknik, banyak tenaga- tenaga yang siap pakai di lapangan,’’ ujar Daniel beralasan.

Daniel juga menyampaikan bahwa sesuai visi misi Bank Ina juga untuk meningkatkan edukasi taraf pendidikan bangsa Indonesia yang sangat mendukung pendidikan.

‘’Kami ada program bina edukasi, bekerja sama dengan perguruan tinggi. Kota Tegal begitu banyak perguruan tinggi, salah satu tempat untuk meningkatkan pendidikan, disamping itu perkembangan UMKM yang luar biasa. Bank Ina juga punya program untuk UMKM jadi keberadaan Bank Ina ingin menjadi bagian pertumbuhan Kota Tegal dan sekitarnya terutama kepada pelaku usaha skala mikro, UMKM ataupun skala besar. Harapan kami dengan adanya Bank Ina di Kota Tegal bisa menjadi patner bagi para pelaku usaha di Kota Tegal dan sekitarnya, juga kepada masyarakat Kota Tegal sehingga hubungan kami dengan nasabah menjadi partner usaha bapak ibu sekalian,’’ pungkas Daniel.

Advertisements

Ketua OJK Tegal, Noviyanto Utomo menyampaikan ketertarikannya terkait kredit UMKM di Kota Tegal.

‘’Kalau mau fokus ke UMKM kita dukung, Bank Ina untuk membesarkan UMKM di Tegal dan sekitarnya. PR kita sebagai lembaga jasa keuangan bukan hanya menawarkan produk tapi kita harus mengedukasi nasabah,’’ ujar Noviyanto.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal Muhammad Taufik Amrozy menyampaikan kebahagiaannya karena Bank Ina konsen terhadap UMKM di Tegal dan sekitarnya.

‘’Saya support dengan Bank Ina yang konsen terhadap digitalisasi, tidak kecuali di bidang UMKM kami dorong dari hulu ke hilir sehingga UMKM kita naik kelas. Dengan program digitalisasi supaya membuka akses lebih luas dan mengangkat UMKM kita lebih luas, kami damping dan fasilitasi. Selamat kepada Bank Ina atas membuka cabangnya hari ini, semoga mewarnai Kota Tegal, bertambahnya bank dapat mempercepat dan memulihkan ekonomi kita,’’ ujar Taufik.
(Red2/Lembaga Keuangan)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,563