Tradisi Gotong Toa Pe Kong

PERAYAAN : Perayaan Cap Go Meh biasanya diadakan acara gotong Toa Pe Kong yang diiringi Barongsai dan Liong. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Tegal memiliki banyak tradisi unik, salah satunya adalah Gotong Toa Pe Kong. Adapula yang menyebutnya dengan Tepekong.

Acara tradisional masyarakat keturunan Tionghoa ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Imlek. Lebih tepatnya dalam perayaan Cap Go Meh di hari ke 15.

Di Tegal memiliki 3 klenteng yaitu Hok Le Kiong yang berada di Jl Ahmad Yani Slawi, Ban Eng Bio di Jl Stasiun Banjaran Adiwerna dan Tek Hay Kiong di Jl Gurami Kota Tegal.

Klenteng Hok le Kiong Slawi mengadakan acara untuk memeriahkan hari raya Cap Go Meh yang merupakan penutup dari segala perayaan Imlek.

Klenteng Hok le kiong adakan pameran pusaka dan berbagi sembako dan makanan pada warga sekitar pada hari Selasa, 15 Februari 2022.

Sedangkan pada hari Rabu, 16 Februari 2022 adalah rangkaian acara gotong Toa Pek Kong dan pertunjukan Barongsai yang diadakan di dalam klenteng mengingat saat ini Kabupaten Tegal berstatus PPKM Level 3.
(Red2/Seni & Budaya)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223