TPKAD Kabupaten Tegal Raih Penghargaan Terbaik Nasional Digitalisasi UMKM

PENGHARGAAN : Bupati Tegal Umi saat menerima penghargaan TPAKD Award 2021 untuk kategori kabupaten/kota terbaik yang diserahkan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK RI Wimboh Santoso di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Tegal dinobatkan sebagai penerima penghargaan TPAKD Award 2021 untuk kategori kabupaten/kota terbaik dalam inovasi pengembangan digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI pada Kamis (16/12/2021) di Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Dewan Komisioner OJK RI Wimboh Santoso kepada Bupati Tegal Umi Azizah dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) 2021 yang diselenggarakan secara hybrid di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

TPAKD Kabupaten Tegal dinilai berperan penting dalam mendukung upaya percepatan transformasi digital UMKM di tengah sulitnya pelaku UMKM menjalankan bisnisnya di masa pandemi Covid-19.

Mengusung slogan “UMKM Bangkit”, TPAKD Kabupaten Tegal yang merupakan tim kolaborasi OJK Tegal, Pemkab Tegal dan pemangku kepentingan lainnya membangun platform yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM untuk dapat mengakses pembiayaan murah, mudah, dan cepat, layanan pendampingan bisnis, konsultasi perizinan, serta perluasan akses pemasaran melalui e-commerce skala lokal dan nasional.

Bupati Tegal Umi Azizah saat ditemui usai menerima penghargaan ini mengaku senang dengan kerja kolaborasi TPAKD dalam meningkatkan literasi digital pelaku UMKM.

“Alhamdulillah, ekosistem digital bagi para pelaku UMKM yang coba kita rintis, kita bangun di Kabupaten Tegal mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” kata Umi.

Umi mengungkapkan, sinergi program UMKM Tegal Go Digital yang dirintisnya bersama PT Kasy Sibernetika Indonesia dengan memanfaatkan sarana Trasa Coworking Space (TrackingSpace) sebagai kampus bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan literasi digitalnya dengan program pemberdayaan UMKM yang diinisiasi OJK Tegal telah mampu membina sejumlah UMKM Kabupaten Tegal masuk ke lokapasar.

Di tempat yang sama, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto mengungkapkan jika pengembangan ekosistem digital UMKM di Kabupaten Tegal telah berjalan dengan baik dan seirama di bawah naungan TPAKD.

Ludy mengaku jika pihaknya bersama TPAKD Kabupaten Tegal telah menginisiasi berbagai program pemberdayaan UMKM yang diharmonisasikan dengan berbagai program unggulan pemerintah daerah untuk mewujudkan UMKM Bangkit.

TPAKD Awards 2021 diberikan kepada lima TPAKD tingkat provinsi dan tujuh TPAKD tingkat kabupaten/kota yang dinilai telah berhasil mengimplementasikan program perluasan akses keuangan di daerah, dari total 325 TPAKD di seluruh Indonesia
(Red2/Pemerintahan)

Advertisements

Editor : Irene Indah

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,305