Tips Mudik Lebaran Aman dengan Kendaraan Pribadi

TRADISI : Mudik merupakan tradisi yang identik jelang hari raya idul Fitri. Beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik antara lain cek kondisi kendaraan, membawa barang seperlunya, obat-obatan, uang tunai, perlengkapan prokes dan menjaga kondisi kesehatan. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Mudik lebaran hanya tinggal beberapa hari lagi, sebelum itu siapkan keperluan mudik agar tidak ada yang tertinggal. Pemerintah tahun ini mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran 2022, setelah 2 tahun sebelumnya tidak diperbolehkan mudik karena pandemic covid 19.

Beragam transportasi hampir akan ramai digunakan untuk mudik lebaran mulai dari bus, kereta, pesawat, kapal hingga kendaraan pribadi.

Untuk menjaga keselamatan selama perjalanan mudik, berikut ini tips mudik yang dikutip dari liputan6.com :

1. Periksa Kondisi Mobil

Saat akan melakukan perjalanan jauh, penting untuk memeriksa kondisi mobil. Ada baiknya kamu membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan secara menyeluruh, kondisi mobil yang prima menjadi salah satu faktor lancar dan amannya perjalanan mudik.

2. Bawa barang secukupnya

Jelang mudik, ada baiknya kamu membuat list barang-barang yang akan dibawa, hal itu bertujuan agar kamu membawa barang sesuai kebutuhan dan tidak ada barang yang tertinggal. Bawalah baju yang nyaman secukupnya dan tidak berlebihan, selain itu kamu juga perlu mempersiapkan makanan yang bisa dibawa untuk berjaga-jaga jika sahur dan berbuka puasa di perjalanan.

3. Handphone dan Chargernya

Hal lain yang penting untuk dipersiapkan sebelum mudik adalah handphone dan chargernya, handphone berfungsi untuk menyiapkan dokumen-dokumen elektronik untuk menunjukkan bukti layak mudik, seperti sertifikat vaksin dan hasil tes negatif COVID-19. Kamu juga bisa mengakses aplikasi peta digital di handphone untuk memudahkan perjalanan, jangan lupa untuk membawa serta charger untuk mengisi daya baterai handphone.

4. Obat-Obatan

Saat mudik, kamu juga wajib menyiapkan obat-obatan dan vitamin untuk dibawa selama perjalanan, tujuannya agar kamu merasa lebih tenang, terutama bila tiba-tiba sakit atau mabuk perjalanan. Obat paling umum yang perlu kamu bawa antara lain obat sakit kepala, obat masuk angin, obat alergi, dan obat diare.

5. Uang Tunai dan Uang Elektronik

Persiapan mudik yang tak kalah penting selanjutnya adalah pastikan untuk membawa uang dalam bentuk tunai dan eletronik (e-money). Uang tunai bisa menjadi langkah antisipatif apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan mudik.

Jangan lupa mampir ke ATM apabila kamu belum membawa uang tunai untuk mudik. Sementara uang elektronik bisa kamu gunakan untuk membayar tarif tol dan mengisi bahan bakar mobil di SPBU.

6. Perlengkapan Prokes

Meski pemerintah sudah mengizinkan mudik, kamu tetap harus selalu waspada jika ingin mudik di masa pandemi COVID-19. Pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan membawa perlengkapan sanitari seperti hand sanitizer, masker, dan tisu basah, ada baiknya kamu juga membawa peralatan makan pribadi seperti piring plastik, sendok/garpu, dan sedotan untuk mencegah penularan penyakit.

Advertisements

7. Mudik dalam Kondisi Sehat

Sebelum melakukan perjalanan mudik, kamu harus memastikan kondisi kesehatan benar-benar fit. kamu pasti tidak ingin membawa virus dan penyakit kepada keluarga besar di kampung halaman, bukan? Agar merasa lebih tenang, tak ada salahnya melakukan tes PCR atau rapid antigen sebelum melakukan perjalanan mudik.

(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,728