Tips Merawat Kesehatan Kulit di Bulan Ramadhan

TERHIDRASI : Berpuasa bukan berarti harus bermalas-malasan merawat kulit wajah. Perawatan kulit harus tetap dilakukan agar wajah tetap terhidrasi selam berpuasa. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa perlu diterapkan agar wajah tetap cerah. Hal ini karena saat menjalankan puasa, kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan yang salah hingga jam tidur yang mengalami perubahan dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Selain tubuh, kulit juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat terjaga selama menjalankan ibadah puasa. Masalah yang biasanya dihadapi saat puasa adalah kondisi kulit kering dan terlihat kusam.

Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan memiliki makanan yang sehat selama berpuasa. Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan tidur, serta perawatan yang tepat.

Ketiga faktor ini harus benar-benar diperhatikan jika kamu ingin wajah tetap segar dan cerah selama berpuasa dan saat lebaran nanti.

Berikut ini tips menjaga kesehatan kulit saat puasa :

1. Menjaga Asupan Cairan dan Konsumsi buah-buahan

Tidak hanya tubuh yang perlu terhidrasi, kulit juga membutuhkan asupan cairan saat puasa. Usahakan cukupi kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur dengan 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur.

Hindari minuman berkarbonasi, mengandung banyak gula, kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.
Pastikan juga konsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilih buah-buahan yang mengandung air yang dapat memberikan nutrisi untuk kulit.

2. Mencuci Muka dan Gunakan Pelembab

Membersihkan wajah secara teratur dapat menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit. Gunakan pembersih wajah dengan bahan ringan sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

Gunakanlah pelembab yang dapat menghidrasi kulitmu, bagi kamu yang memiliki kulit kering gunakan krim atau minyak khusus wajah. Gunakan juga tabir surya di siang hari yang mengandung SPF 30 jika beraktivitas di luar ruangan.

3. Gunakan Masker Wajah dan Suplemen

Gunakan masker wajah 2x seminggu, masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan kulit terasa halus dan bercahaya. Pengelupasan masker secara teratur juga merangsang sirkulasi darah di wajah, bilas wajah menggunakan air dingin setelah pengelupasan untuk menutup pori-pori.

Advertisements

Jika kulit kamu masih kurang nutrisi saat puasa, kamu juga bisa menggunakan suplemen vitamin. Kamu bisa meminum suplemen yang mengandung vitamin C, A dan E serta mengandung antioksidan, minumlah sesuai dosis yang dianjurkan selama berbuka puasa dan sahur.

4. Istirahat yang cukup

Salah satu faktor yang penting sebagai tips menjaga kesehatan kulit saat puasa adalah pola tidur atau istirahat. Hal ini karena waktu istirahat akan berkurang saat bulan puasa, karena kamu harus terbangun untuk sahur, dan tidak selalu bisa beristirahat lagi.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu begadang atau tidur terlalu larut malam. Tidak cukup tidur akan membuat kulit tampak lelah dan mengalami penuaan dini, terutama pada area mata.

Selain itu, pastikan untuk selalu berolahraga secara rutin untuk mengurangi stres dan membuat metabolisme tubuh stabil. Metabolisme yang lancar akan membuat tidur lebih berkualitas, tidur yang cukup akan menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

(Red2/Kecantikan)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,488