Tips Memulai Bisnis Jual Beli Handphone

TEKNOLOGI : Perkembangan teknologi smartphone saat ini semakin meningkat didukung dengan tingkat penggunaan yang semakin meningkat. Padahal, smartphone bukan lagi barang mewah yang sulit didapat, hal ini akan mempengaruhi penawaran produk di masyarakat. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Handphone atau telepon seluler (ponsel) memang tidak ada matinya, kegunaannya yang semakin canggih membuat banyak orang membutuhkannya dan membawanya kemanapun berada. Hal ini berdampak juga pada para pebisnis yang memang menjual handphone.

Sebelum kamu melakukan usaha, ada baiknya perhatikan tips berikut agar tidak melakukan kesalahan.

1. Mengerti Soal Handphone

Ketika kamu berjualan beras, kamu harus mengerti tentang beras termasuk kualitasnya. Hal ini juga berlaku kalau kamu menjual handphone atau berbisnis handphone, dimana kamu minimal mengerti mengenai handphone dan seluk-beluknya.

Tak jarang beberapa konsumen datang dengan kebingungan lalu menanyakan jenis apa yang dianggap paling bagus atau paling murah. Jika kamu asal menjawab, tentu konsumen yang membeli akan kapok dan menyebarkan bahwa toko kamu tidak professional, jika hal ini tidak ingin terjadi, ada baiknya kamu mempelajari dulu jenis barang yang kamu jual dan seperti apa harga serta kualitasnya.

2. Update Harga

Ketika kamu menggunakan uang untuk membeli barang elektronik, pasti kamu melihat dulu apakah harga barang elektronik sedang turun atau tidak. Hal ini berguna bagi kamu yang memang menjual elektronik atau menjual handphone, dimana harga akan turun naik seiring kuat lemahnya kurs dolar, kamu juga harus update dan mengikuti perkembangan terkini agar kamu tidak merugi atau menjual barang yang terbilang terlalu mahal.

3. Update Barang

Sekarang ini handphone-handphone terbaru cepat muncul di pasaran, sebagai penjual kamu tidak boleh ketinggalan info tersebut. Terutama kalau kamu ingin membuka toko besar dan mengeluarkan barang yang bagus, mau tak mau handphone terbaru atau yang sedang jadi tren harus kamu sediakan agar tidak ketinggalan dan konsumen pun bisa tertarik ke tempat kamu.

Usahakan untuk cari tahu juga apakah barang baru tersebut bermasalah atau tidak, terkadang untuk ukuran handphone beberapa jenis dan keluaran terbaru merupakan produk gagal yang sering lolos ke pasaran karena kesalahan pabrik.

4. Perhatikan Anggaran

Anggaran membuka usaha jual beli handphone tidaklah sedikit, karena itu, kamu tidak boleh ceroboh dalam membuka usaha. Semuanya harus dipersiapkan secara matang dan benar-benar agar terhindar dari kerugian dan hal-hal yang berisiko terhadap bisnis, modal yang tidak sedikit dan barang yang tidak lagi laku jika tidak dipilih dengan benar akan membahayakan usaha baru kamu.

5. Tingkatkan Keamanan

Membuka usaha atau toko handphone sama halnya dengan membuka usaha emas yang memang harus memberikan pengamanan ekstra. Karenanya, setiap toko handphone umumnya menggunakan etalase terkunci yang bisa dibuka secara khusus oleh pemiliknya, toko juga melengkapi dirinya dengan CCTV untuk bisa membantu menjaga toko agar tidak kemalingan.

6. Cari Agen Terpercaya

Kamu harus memilah supplier atau agen besar di mana pasokan handphone tersebut tersedia benar-benar, karena banyaknya handphone palsu bisa merugikan kamu yang baru terjun ke bisnis ini. Kenali barang palsu dan asli seperti apa, kemudian ketahui garansi dan hal-hal lainnya terkait handphone.

Advertisements

Karena beberapa pengusaha handphone yang sudah termasuk kawakan sekalipun sering ditipu para oknum. Dan ternyata handphone yang dijual oknum tersebut tidak original atau katakanlah palsu, biasanya handphone asli bergaransi dan memiliki sertifikat atau nomor ID khusus dari pabrik.

7. Lakukan dengan Semangat

Terlepas dari sulit atau tidaknya membuka bisnis handphone, janganlah putus asa atau patah semangat. Terlebih untuk kamu yang memang menyukai handphone baru dan ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis jual handphone, menjual handphone menjadi salah satunya dan yang paling diminati sekarang ini.

(Red2/Bisnis)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,310