Tips Memilih Tripod Kamera Terbaik Supaya Hasil Foto Stabil

STABIL : Tripod berfungsi sebagai penyangga kamera atau camcorder, sehingga bisa membuat kamera atau camcorder bisa berdiri sendiri dan stabil dalam mengambil foto maupun video.(BeeNews.id/Zuhudbudiaji).

TEGAL – Untuk hasil foto yang maksimal, kamera berkualitas saja tidak cukup. Salah satu alat perlengkapan fotografi yang wajib anda miliki untuk hasil gambar yang jernih dan stabil adalah tripod kamera dengan beberapa merek terbaik.

Fungsi tripod itu sendiri adalah untuk mejaga kestabilan foto guna meminimalisir guncangan, menjaga ketajaman dan kejernihan hasil foto serta mendukung tekhnik fotografi tertentu.

Tidak hanya itu, tripod yang kokoh juga dapat membantu fotografer pemula dalam menentukan angel atau posisi foto terbaik. Nah agar tidak bingung untuk menentukan tripod apa yang paling bagus dan terbaik, simak artikel yang telah BeeNews.id buat untuk Anda.

Memilih tripod terbaik yang sesuai dengan kamera anda nyatanya cukup sulit untuk dilakukan. Memilih tripod juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena jenis, merk dan pilihannya yang sangat banyak variannya. Meskipun tujuan utama semua jenis tripod adalah sama yakni menjaga agar kamera yang anda gunakan stabil saat sedang digunakan.

Agar mendapatkan tripod terbaik yang akan digunakan untuk kamera Anda, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Hal ini agar bisa mendapatkan gambar dengan kondisi terbaik. Tripod adalah aksesoris kamera yang memiliki tiga kaki, ada yang bisa dipanjangkan sampai 1 meter lebih, ada yang fix ukuran kakinya.

Tripod berfungsi sebagai penyangga kamera atau camcorder, sehingga bisa membuat kamera atau camcorder bisa berdiri sendiri dan stabil dalam mengambil foto maupun video. Total beban yang bisa dimuat tergantung dari jenis tripodnya, karena masing-masing memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda.

Tipe Tripod :

  • Gorillapod
  • Mini Tripod
  • Tripod Video
  • Frame Stand

Berikut akan dijelaskan tips memilih tripod terbaik untuk kamera anda:

1. Pilih tripod berdasarkan Beban Kamera

Agar tripod yang anda gunakan mampu bertahan lama maka sebaiknya harus disesuaikan dengan bebannya. Bagian tripod yakni pan head dan kaki merupakan bagian yang berperan paling penting dalam hal ini. Maka dari itu, anda perlu mengetahui dari berat kamera ataupun lensa yang anda gunakan.

Sangat penting memperhatikan kenyamanan anda dalam mengambil gambar. Lokasi pengambilan juga berpengaruh terhadap pemasangan tripod. Itu sebabnya sebaiknya pilih tripod yang mampu menahan beban dua kali dari berat kamera anda.

2. Perhatikan Tipe Panhead Tripod

Kepala tripod memiliki berbagai macam jenis kegunaannya. Misalnya saja 3 ways head yang sangat berguna bagi anda yang ingin mengambil gambar landscape. Jenis ini sangat cocok untuk pengambilan gambar tidak bergerak. Sementara itu, jenis lainnya ada ball head yang bisa digunakan untuk menghemat waktu pengaturan kamera. Hal ini karena tuasnya yang bulat mampu mengatur arah dan sudut dalam satu pengaturan.

Jenis Gear head sangat stabil alias tidak mudah goyang dan anda bisa mengubah komposisi gambar sedikit demi sedikit. Sementara fluid head digunakan ketika anda sedang merekam video dengan kamera anda.

Advertisements

Keunggulannya adalah pergerakannya yang halus sehingga sangat cocok digunakan ketika mengambil video pertandingan dan pergerakan binatang cepat seperti burung dan lainnya.

3. Pilih Tripod yang memiliki Bubble Level

Bubble level bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan gambar yang seimbang. Dengan adanya fitur ini mungkin akan memperkecil kemungkinan gambar yang diambil blur. Hal ini karena anda bisa mengambil gambar dengan presisi rata atau horizontal maupun landscape secara optimal.

4. Pilih Tripod Berdasarkan Material dan Ketebalan pada Kaki

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kaki tripod merupakan salah satu bagian terpenting pada tripod. Maka dari itu anda harus mengecek terlebih dahulu sebelum membelinya. Anda bisa memeriksa bahan material pembuat kaki tripod. Bahan material terbaik adalah alumunium dan juga karbon karena memiliki tingkat ketahanan yang aman.

Bahan material alumunium terbilang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan karbon. Meskipun begitu anda juga bisa memilih aluminium dengan ketebalan yang baik. Karena ketebalan kaki tripod juga penting untuk mencegah adanya penumpukan. Sebaiknya perhatikan ketebalan untuk menentukan maksimal beban terbaik tripod anda.

Untuk mencari berbagai jenis produk dan merk tripod untuk kamera yang beredar dipasaran tentu akan membutuhkan banyak waktu. Maka dari itu Anda harus benar-benar bisa menentukan dengan kebutuhan anda dengan cara mengetahui berat kamera Anda dan disesuaikan dengan budget anda.
(Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,222