Tips Agar Ban Tubeless Awet dan Terjaga

STABIL : Ban tubeless banyak digunakan karena memiliki kelebihan yakni tidak mudah kempis jika menginjak benda tajam seperti paku dan akan lebih mudah ditambal dalam kondisi ban bocor. Selain tahan dengan benda tajam, roda yang tidak menggunakan ban dalam ini juga dinilai lebih stabil jika dibawa menikung pada kecepatan tinggi. (Beenews.id/doc)

TEGAL – Ban tubeless awalnya hanya digunakan pada sepeda gunung atau sepeda gunung saja. Namun seiring perkembangannya, ban tubeless kini banyak digunakan pada kendaraan roda dua bahkan empat.

Ban tubeless sendiri tentunya memiliki banyak keunggulan dibandingkan ban biasa, hal ini membuat ban tubeless semakin diminati para pemilik sepeda motor. Salah satu kelebihan yang membuat ban tubeless semakin populer adalah lebih praktis dibandingkan ban dalam yang membutuhkan ban dalam.

Selain itu, ban tubeless juga keras dan padat sehingga tidak mudah bocor.
Meskipun ban tubeless kurang tahan tusukan dan lebih praktis, bukan berarti ban tubeless tidak memerlukan perawatan.

Ban tubeless tetap membutuhkan perawatan agar awet dan nyaman digunakan. Lantas bagaimana cara merawat ban tubeless agar awet dan tahan lama ?
Berikut ini tips merawat ban sepeda motor tubeless :

1. Periksa telapak dan bahu ban

Agar ban sepeda motor tubeless awet dan nyaman digunakan, pemilik sebaiknya memeriksa telapak dan bahu ban untuk mendeteksi kerusakan pada waktunya. Pastikan kondisi ban masih bagus, saat ban sudah mencapai tingkat keausan minimal, segera ganti dengan yang baru.

2. Menjaga Tekanan Angin Ban

Jika sudah menggunakan ban dalam, jangan mengurangi tekanan udara saat ban dalam keadaan panas. Selain itu, pemilik harus menjaga tekanan ban 32 psi untuk ban depan dan 38-40 psi untuk ban belakang.

3. Usahakan tidak membawa beban terlalu berat

Berhati-hatilah agar pemilik sepeda motor tubeless tidak membawa beban yang terlalu berat (overload). Karena beban yang terlalu berat berdampak negatif pada ban tubeless dan ban bisa retak.

4. Jangan paksakan mengendarai motor ketika ban kempes

Jangan memaksakan diri untuk mengendarai sepeda motor dengan ban kempes. Berkendara dengan ban yang kurang angin dapat merusak pelek dan roda sepeda motor.

5. Hindari terlalu sering menyemir ban

Menyemir ban terlalu sering dapat merusak kompon ban dan menyebabkan keretakan ban. Selain itu, semir ban mengurangi cengkeraman ban, membuatnya licin.

Nah , itulah tips merawat ban tubeless agar ban tubeless kalian bisa awet dan terjaga.
(Red2/Otomotif)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,821