Tingkatkan Peran Siskamling, Polisi Adakan Penyuluhan Kamtibmas di Kelurahan Kraton Kota Tegal

KEPEDULIAN : Kasat Binmas Polres Tegal Kota AKP Didik Guntoro mengatakan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan harus ditingkatkan. Masyarakat harus peka terhadap lingkungan sekitar. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Tegal Kota melaksanakan giat pembinaan dan penyuluhan Siskamling di Pendopo Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Senin, (11/07/2022).

Hal ini dilakukan guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Salah satunya melalui Siskampling atau sistem keamanan lingkungan, yang paling efisien hingga saat ini.

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Kraton Arifullah, SH.MH, Kaurbinops Satbinmas Ipda Juli Triana, SH bersama sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama serta para ketua lingkungan RT dan RW sekelurahan Kraton.

Kasat Binmas Polres Tegal Kota AKP Didik Guntoro,SH mengatakan ketertiban dan keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara Indonesia.

Menurutnya Polri tidak akan bisa menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Selain sebagai wadah dan tempat interaksi antar sesama warga, adanya Pos Kamling tentunya dapat menekan dan mengatasi kriminalitas dikarenakan masyarakat terlibat langsung,” terangnya

Selain itu, ia juga menuturkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara kamtibmas sejatinya tidak sekedar membantu aparat Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Namun, yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan masyarakat untuk mengelola sendiri dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan tertib,” tutupnya.

Sementara Lurah Kraton Arifullah,SH.MH mengungkapan pihaknya bersama seluruh warga masyarakat siap mendukung upaya dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban wilayah khususnya di Kelurahan Kraton.

Keamanan wilayah menjadi dambaan bagi seluruh warga. Karenanya diperlukan kerjasama dan saling pengertian dari semua pihak, agar keamanan tetap terjaga dengan baik,” tuturnya.

Advertisements

Disisi lain, lanjut Lurah Kraton, dirinya bersama Babinkamtibmas dan Babinsa terus bersinergi dan bekerjasama demi terwujudnya suasana yang kondusif di masyarakat.

Bahkan kekompakan dan kerjasama ini membuahkan hasil dan memperoleh apresiasi, sebagai Kelurahan terbaik dalam lomba

“Sinergitas Tiga Pilar tingkat Polres Tegal Kota” pada hari Bhayangkara kemarin,” pungkasnya.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,790