Temukan Produk Kadaluarsa Saat Sidak Pasar Jatibarang Brebes

SIDAK : Tim Yustisi Pengawasan Keamanan Makanan, Minuman dan obat obatan kabupaten Brebes menggelar sidak di Pasar Jatibarang Brebes kecamatan Jatibarang, Selasa (18/4).(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Sekertaris tim yustisi Haditopo, S.Si. Apt mengatakan, kegiatan hari ini kami mengunjungi pasar Jatibarang Brebes guna untuk melihat langsung dilapangan produk pangan dan obat obatan yang layak dan tidak layak dikonsumsi dengan tujuan menjamin keamanan pangan dan obat obatan khususnya bagi masyarakat Jatibarang dan sekitarnya dan masyarakat di kabupaten Brebes umumnya ” kata Haditopo.

Lebih lanjut dikatakan, kami dari tim yustisi melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Satpol PP dan juga kepolisian.

“Kemarin kami sudah melaksanakan sidak dibeberapa tempat yang pertama di rest area Banjaratma yang akan menjadi tujuan para pemudik untuk membeli oleh-oleh. Sedangkan untuk hari ini kami mengunjungi Pasar Jatibarang Brebes untuk melihat langsung kelayakan makanan dan minuman serta obat-obatan yang beredar di kabupaten Brebes layak konsumsi” kata Haditopo.

Adapun tokoh yang kami kunjungi yakni Toko H.Gofur Jatibarang Brebes
Toko dr.Arif Iswanto Jatibarang (toko sembako), Toko sumber lestari ,toko Mahmudah ,UD Irma Semoga Jaya Snack ” tutup Haditopo.

Sebagaimana disampaikan Yulianti Salim,S.Si,Apt. Fungsional Apoteker Madya Dinkes Brebes” Pelaksanaan Yustisi Keamanan Makanan Minuman dan Obat hari ini Selasa (18/4) diperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Ada beberapa produk makanan yg beredar dipasaran menggunakan tambahan bahan berbahaya yaitu mengandung Rhodamin B pewarna tekstil.
  2. Beberapa produk beredar di pasaran yg belum memiliki label produk yang lengkap yaitu tidak memiliki ijin edar( No.Pirt /BPOM MD), Tidak mencantumkan tgl ED(kadaluarsa).
  3. Ditemukan beberapa produk makanan yg telah ED (Kadaluarsa) dan rusak masih dipajang di etalase bercampur dengan produk yg tidak ED (Kadaluwarsa) ” Pungkas Yulianti Salim,S.Si,Apt.(Red3/Kesehatan).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 80,016