Sukseskan Pemilu Serentak 2024, KPU Kota Tegal Mantapkan Langkah

PEMILU : Komisioner KPU Kota Tegal, H. Thomas Budiono mengatakan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak 14 Februari 2024, KPU Kota Tegal gencar melaksanakan beragam giat sosialisasi, juga pembentukan Badan Ad hoc profesional Pemilu Kota Tegal. (Beenews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak 14 Februari 2024, KPU Kota Tegal gencar melaksanakan beragam giat sosialisasi, juga pembentukan Badan Ad hoc profesional Pemilu Kota Tegal.

Hal itu tampak dalam dialog interaktif Sapa Kota Tegal di Sebayu FM, dengan narasumber Komisioner KPU Kota Tegal, H. Thomas Budiono, Kamis (19/1).

Badan Ad hoc Pemilu Kota Tegal adalah sebuah badan yang dibentuk oleh KPU untuk menyelenggarakan Pemilu Serentak 2024 di tingkat kecamatan, kelurahan untuk kebutuhan pencocokan daftar pemilih serta tenaga-tenaga Badan Ad hoc yang nanti dibutuhkan di TPS-TPS.

Tomas mengatakan masa kerja badan Ad hoc kali ini dimungkinkan dapat lebih dari waktu normal 8-9 bulan, dikarenakan Pemilu 2024 berurutan dengan Pilkada.

Anggota Badan Ad Hoc dibentuk dari masyarakat umum, tetapi masyarakat umum ini bisa tokoh masyarakat, tokoh pemuda, orang-orang yang berpengaruh, yang harus memenuhi syarat syarat tertentu.

KPU Kota Tegal memastikan bahwa anggota badan Ad Hoc terpilih harus sehat jasmani rohani, dilarang menjadi anggota parpol, jika ada yg terlanjur menjadi anggota parpol, harus keluar dulu dari parpol.

Thomas berujar, profesionalitas adalah seseorang yang memiliki ilmu, pemahaman dan keterampilan. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPU dan badan Ad Hoc harus dibangun, karena pihaknya adalah lembaga pengelola konflik, pengelola kepentingan orang per orang, partai per partai.

Partisipasi masyarakat menjadi indikator kemajuan demokrasi, semakin tinggi partisipasi masyarakat, semakin tinggi kehadiran para pemilih hadir ke TPS, akan membuat indeks demokrasi meningkat. Oleh karenanya, pihaknya akan selalu fokus menaikkan indeks melalui partisipasi masyarakat.

“Kami minta masyarakat ikut andil, agar pemimpin-pemimpin yang terbaiklah nanti yang akan terpilih, mari kita berpartisipasi di bidang politik dengan datang ke TPS,” pungkasnya.
(Red2/Organisasi)

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 63,096