Stakeholder di Brebes Gelar Apel Siaga Guna Cegah Dampak El Nino

MENINJAU : Pj Bupati Brebes bersama Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhamamd Tariq tengah meninjau kondisi persiapan kendaraan yang berisikan air. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama para Stakeholder.(Beenews.d/Zuhud).

BREBES – El Nino merupakan fenomena alam di Indonesia akan memberikan dampak musim kemarau yang kering. Kekeringan akibat fenomena cuaca dapat menyebabkan berbagai bencana, salah satunya kebakaran hutan maupun kebakaran lahan.

Wujud antisipasi dampak dari El Nino tersebut, seluruh stakeholder dan dinas terkait lainya di Kabupaten Brebes melaksanakan apel pasukan sebagai bentuk sinergitas pencegahan dan penanganan adanya dampak berupa kekeringan, kebakaran hutan dan lahan yang bisa terjadi diwilayah Kabupetan Brebes.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh jajaran Forkopimda antara lain, Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhamamd Tariq, Dandim 0713 Brebes letkol Inf tentrem Basuki, Kepala Kejaksaan Negeri DR Dedy Muchti Nugroho, Kepala BPBD Ir Nurshy Mansur beserta sejumlah Kepala OPD dan tamu undangan lainya.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin pimpin apel tersebut yang digelar di Komplek Ismalic Centre Brebes, Kamis (24/8). Siaga Apel Siaga dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan masyarakat dan aparat dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran PMI, serta BPBD Kabupaten Brebes menjadi peseta apel siaga.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengatakan, bahwa adanya dampak dari El Nino diminta menjadi atensi dan perhatian oleh semua komponen bagaimana upaya untuk memitigasi dampak-dampaknya. “Salah satu gejalanya yang paling utama dari El Nino adalah kekeringan,’’ ujarnya.

Selain itu, Urip Sihabudin mengatakan dari dampak fenomena tersebut yakni masalah kebakaran. Pemkab Brebes sudah membuat surat edaran larangan kepada masyarakat di sepanjang jalan tol untuk tidak membakar lahan sembarangan.

“Dampak berikutnya yang merupakan efek dari El-Nino tidak hanya masalah kekeringan dan kebakaran. Karena pada akhirnnya masalah pertanian juga terimbas. Nelayan juga sama karena terkendala angin besar dan gelombang tinggi sehingga terganggu dalam melaut. Hal ini berujung pada permasalahan pemenuhan kebutuhan dan ekonomi,” lanjutnya

Dari segi kesehatan, menurut Pj Bupati Brebes juga terdampak yaitu adanya laporan peningkatan gangguan kesehatan terutama saluran pernapasan. Selaian itu, adanya daerah yang mengalami kekeringan sehingga perlu diberikan bantuan dan dropping air bersih dari instansi terkait.

“Untuk itu dengan apel seinegitas ini, diharapkan bisa lebih profesional dalam penanganan El-Nino ini. SOP yang ada di setiap instansi terkait mengenai penanganan bencana harus dilakukan dengan baik,” pungkasnya. (Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223