SMK Larenda Bulakamba Brebes Menggelar Festival Budaya

FESTIVAL : Gelaran festival budaya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda agar tidak tergerus perkembangan zaman.(Beenews.id/zuhud).

BREBES – Sebagai wujud dalam melestarikan budaya bangsa, SMK Larenda Bulakamba, Brebes menggelar kegiatan Festival Budaya. Festival yang diikuti utusan dari SMP/MTs se Kabupaten Brebes yang terseleksi, berlangsung cukup meriah. Gelaran Festival ini dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 juga ditampilkan perlombaan Seni Tari, Musikalisasi Puisi, Band Ambyar, hingga Pidato Kemerdekaan.

“Budaya adalah cerminan suatu bangsa. Negara Indonesia memiliki kepribadian dalam kebudayaan dan memiliki sisi unik dalam budayanya. Dan dari kebudayaan dapat menyatukan seluruh rakyat Indonesia menuju kemerdekaan,” ucap Pembina Madya Yayasan Larenda Bulakamba, Larenda Restu Gusti Arrasyid SH dalam sambutan Festival Budaya, di halaman sekolah setempat, Senin (28/8).

Di zaman serba canggih, lanjut Nanda-panggilan akrab Larenda, dia mengakui dalam membuat kebudayaan semakin tergerus oleh budaya luar. Semakin banyak anak-anak Indonesia yang menyukai budaya luar, dan gelaran festival budaya ini sebagai upaya menarik siswa makin cinta dengan budaya bangsa yang adiluhung.

“Budaya kita multikultural atau memiliki banyak sekali macam ragam budayanya, untuk itu anak-anak kita wajib diberikan pemahaman tentang budaya yang kita miliki,” ajak Nanda.

Contoh kecil, lanjutnya, di Kabupaten Brebes memiliki kesenian budaya Burok yang lahir dan dilestarikan turun temurun warisan dari nenek moyang. Hari ini kita saksikan secara langsung meskipun banyak budaya dari luar yang bisa tak terbendung mewarnai layar handphone android.

“Festival budaya ini, saya inisiasi agar seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga Kabupaten Brebes bisa melihat, menikmati secara langsung, dan lewat live di kanal YouTube HumasTV Brebes,” imbuhnya.

Ketua Panitia Riatun menjelaskan, gelaran festival budaya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda agar tidak tergerus perkembangan zaman. Selanjutnya bisa melestarikan budaya bangsa secara turun temurun, apalagi mereka merupakan generasi emas yang pada 2045 Indonesia mencapai 100 tahun kemerdekaannya.

“Melalui Festival Budaya bisa menjadi pemantik semangat, untuk mencintai kebudayaan kita sendiri,” kata Riri.

Setelah melalui penjurian yang ketat, akhirnya dewan juri memutuskan untuk Lomba Tari Modern juara 1 diraih Aira Irdina Qaitsani dari SMP 1 Tanjung, juara 2 Adhinda Adya Mecca SMP 1 Ketanggungan, dan juara 3 Wita Fauziah SMP 2 Wanasari.

Musikalisasi Puisi juara 1 Sulton Ramadhan Ainur dari SMP 2 Wanasari, juara 2 Matimah Azzahra (SMP NU 12 Ma’arif NU), juara 3 Amanda Cantika Dewi (SMP N 3 Tanjung)

Advertisements

Untuk lomba Pidato Kemerdekaan, juara 1 diraih Nasyah Putri Apriliana (SMP 3 Tanjung), juara 2 Ainun Nasikha (SMP 3 Bulakamba) dan juara 3 Jihan Lailatu Sabrina (SMP 3 Tanjung).

Turut hadir dalam Festival antara lain Pembina Madya Yayasan Larenda Bulakamba, Larenda Restu Gusti Arrasyid SH, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Rofiq Qoidul Adzam dan beserta staf, Kabid Kebudayaan, Ketua Panitia Festival Budaya beserta jajaran, para peserta lomba serta para tamu undangan lainnya.(Red3/Seni&Budaya).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,222