Lewat Pameran Batik dan Konser Gamelan, Dewan Kesenian Kota Tegal Lestarikan Kesenian Budaya

PAMERAN : Ketua Panitia Pameran Batik dan Konser Gamelan, Wowok Legowo menyampaikan Pameran Batik dan Gamelan yang digelar selama tiga hari, yakni 14-16 April 2023 di Balai Kota Lama Kota Tegal bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kesenian yang ada di Kota Tegal. (Beenews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Dewan Kesenian Kota Tegal mempromosikan batik dan musik gamelan dalam acara Pameran Batik dan Konser Gamelan dengan tema “Nguri-Nguri Batik Pesisir dan Seni Karawitan” Disampaikan Ketua Panitia Pameran Batik dan Konser Gamelan, Wowok Legowo.

Pameran Batik dan Gamelan akan digelar selama tiga hari, yakni 14-16 April 2023 di Balai Kota Lama Kota Tegal.

“Giat ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kesenian yang ada di Kota Tegal,” ujarnya saat berdialog di Sebayu FM, Kamis (13/4/2023).

Pameran batik akan memamerkan karya batik khas Tegal, baik itu dari kota maupun kabupaten.

“Beberapa pengrajin kita ajak untuk ikut pameran dengan tujuan agar karya batik pesisir tidak hanya dinikmati oleh Warga Kota Tegal saja,” ujar Ketua Panitia Pameran Batik dan Gamelan.

Ditambahkannya, selain akan menampilkan batik, nantinya masyarakat yang datang juga akan melihat demonstrasi proses pembuatan batik.

“Nanti kita sediakan tempat untuk melihat proses pembuatan batik, dan masyarakat yang ingin ikut membatik bisa memanfaatkan tempat tersebut karena kita sediakan kain disana,” kata Wowok Legowo.

Selain pameran batik, juga akan digelar konser gamelan di halaman Balai Kota Lama Kota Tegal.

“Karawitan atau gamelan merupakan salah stau seni tradisi yang harus kita lestarikan. Untuk itu, kita akan menampilkan dua kelompok karawitan dari sekolah-sekolah setiap harinya selama tiga hari berturut-turut,” Ujar Wowok Legowo.

Hingga saat ini, sudah tercatat beberapa kelompok pelajar SD dan SMP yang akan mengisi di konser gamelan. Diantaranya, SD Panggung 9 Kota Tegal, SD PIUS, SD Kejambon 2 Kota Tegal.

Advertisements

Tak lupa, Ketua Panitia Pameran Batik dan Gamelan mengajak masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya untuk menghadiri pameran batik dan konser gamelan.

“Acaranya kita adakan sore hari sampai jam 10 malam, jadi masyarakat bisa sekalian ngabuburit sambil menunggu berbuka puasa,” ujarnya.
(Red2/Seni & Budaya)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,401