Seratus Peserta Jalani Pembekalan Wirausaha Pemuda

TANTANGAN : Wabup Tegal Ardie menyampaikan jika tantangan kewirausahaan saat ini sedang dihadapkan pada pertumbuhan ekonomi global yang lambat akibat pandemi Covid-19. Sehingga ekonomi domestik harus lebih dikuatkan sebagai katalisator perekonomian di masyarakat melalui penumbuhan wirausaha pemuda. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Setelah menempuh sejumlah tahapan seleksi, Pemerintah Kabupaten Tegal berhasil menjaring 100 orang peserta Program Penumbuhan Wirausaha Pemuda Tahun 2021.

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie membuka acara pembekalan bagi peserta di lapangan upacara kantor Pemkab Tegal, Kamis (23/09/2021).

Pembekalan kepada calon wirausahawan pemuda tersebut merupakan bagian dari tahapan seleksi menuju 28 besar wirausaha pemuda yang akan mendapat bimbingan intensif dari mentor dan stimulus permodalan usaha dari Pemkab Tegal.

“Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), ditinjau dari status pekerjaan utamanya, penduduk Kabupaten Tegal yang berusaha sendiri dan berusaha dibantu buruh, proporsinya mencapai 37,67 persen dari 630.593 penduduk kita yang bekerja,” kata Ardie.

Sementara dari 1,59 juta jumlah penduduk Kabupaten Tegal secara keseluruhan, 52 persennya adalah generasi millenial kelahiran 1981-1996 dan generasi Z kelahiran 1997-2012.

Dengan modal tersebut, menurutnya tidak alasan untuk tidak memajukan iklim kewirausahaan, sebagai salah satu upaya menekan angka pengangguran terbuka.

“Mudah-mudahan, dari sini akan terlahir entrepreneur produktif, high-impact, yang dalam menjalankan usahanya mampu membuka lapangan kerja baru. Sehingga dapat terus menyokong pertumbuhan ekonomi kita agar berkelanjutan. Untuk itu, saya titip pesan, manfaatkan kesempatan ini untuk mendulang sebanyak mungkin informasi, wawasan dan pengalaman tentang kewirausahaan,” tutupnya.

Sementara Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Imam Gunawan yang hadir mengapresiasi kinerja tim penumbuhan wirausaha pemuda Kabupaten Tegal yang sangat konseptual dan menginspirasi kabupaten lainnya yang ada di Indonesia.

“Untuk mencapai posisi yang tinggi, tentunya kita harus melalui berbagai fase. Oleh karena itu, jalani dan nikmati prosesnya untuk sampai di puncak. Selamat kepada kalian, seratus peserta yang berhasil mencapai tahapan ini. Jadilah konglomerat yang berhati mulia dan akan memberikan kesejahteraan kepada lebih banyak orang,” pungkasnya.
(Red2/Pemerintahan)

Editor : Irene Indah

Advertisements
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,426