Serah Terima Estafet Tunas Kelapa

MENERIMA : Upacara Serah terima Estafet Tunas Kelapa (ETK) di daerah Wisata Pasar Slumplring Desa Cempaka, Bumijawa Kabupaten Tegal. Tampak Bupati Tegal menerima ETK dari Pj Bupati Brebes.(Beenews.id/Zuhud)

BREBES – Estafet Tunas Kelapa (ETK) Tahun 2023 Kwartir Daerah Jawa Tengah tengah berlangsung, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH selaku Ketua Mabicab menyerahkan tunas kelapa kepada Mabicab Kabupaten Tegal Umi Azizah, pada upacara serah terima ETK untuk dilanjutkan sampai tujuan akhir di Pemalang.

“Pasukan ETK ini semua semangat, semangat untuk kebersamaan sambung menyambung antar generasi antar wilayah untuk membangun kebersamaan,” ucap Urip usai menyerahkan ETK di Wisata Pasar Slumpring Desa Cempaka, Bumijawa, Kabupaten Tegal Sabtu (26/8).

Urip mengatakan, EKT ini kegiatan yang luar biasa, ada pesan amat penting dari para pendiri bangsa, seperti Bung Karno kepada para generasi untuk masa depan bangsa.

“Kita harus memilih akan menjadi pembuat sejarah atau pelaksana saja, ayo kita buat sejarah, artinya harus bisa membuat sesuatu yang baru untuk kita buat dan tularkan ke generasi penerus, dan estafet ini bagian dari itu,” pesannya.

Lanjut Urip, ini suatu simbol yang sangat baik bahwa generasi kini harus saling menghormati dan saling meneruskan apa yang sudah dibangun oleh para pendahulunya. Gerakan kepramukaan dapat mewujudkan itu, melalui kebersamaan, cinta tanah air, kedisiplinan dan kerja keras.

Ketua penyelenggara Kustoro Wihanjayanto menyampaikan, pelaksanaan ETK Kwarcab Brebes melalui rute 13, ada tiga etape. Satu wilayah Kwarran Tonjong dari SMP N 1 Tonjong sampai SDN 1 Tanggeran, jarak 3,1 Km perkiraan waktu tempuh 44 menit, diberangkatkan pukul 08.00 WIB.

“Etape dua, dari SDN 1 Tanggeran sampai Balai Desa Cempaka Bumijawa, dan dilakukan serah terima dengan Kwarcab Kabupaten Tegal, jaraknya 5,2 Km perkiraan waktu tempuh 60 menit,” jelasnya.

Untuk etape tiga, kata Kustoro, dilaksanakan pukul 14.30 WIB di wilayah Kwarran Paguyangan yang merupakan akhir rute 12. Prosesinya menerima ETK dari Kwarcab Banyumas di Obyek Wisata Tuk Sirah Desa Winduaji.

“Setelah upacara penerimaan pasukan berjalan kembali ke Banyumas, dilanjutkan upacara pengakhiran rute ETK dan penanaman tunas kelapa,” terangnya.

Diketahui, upacara pemberangkatan etape satu rute 13 dan penerimaan akhir etape tiga rute 12 dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Caridah selaku anggota Mabicab Brebes.

Advertisements

Pembawa perangkat ETK para anggota pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega dari Kwarran Tonjong dan Paguyangan.

Tampak hadir Ketua beserta pengurus Kwarcab Brebes, pengurus kwarran Tonjong dan Paguyangan, OPD serta Forkopimca.(Red3/Organisasi).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,536