Sebanyak 473 Pejabat Polri Dirotasi Kapolri, Juga Pamen Polda Jateng Turut Diganti

MUTASI : Ada empat surat telegram terkait mutasi jabatan yang diterbitkan Kapolri dan ada sejumlah pejabat di Polda Jateng yang mengalami pergantian. Mutasi jabatan di lingkungan Polri merupakan hal biasa dalam dinamika berorganisasi.(BeeNews.id/Doc)

SEMARANG – Mutasi Jabatan berskala besar terjadi di lingkungan Polri. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi 473 personel dari jenjang pati hingga pamen di lingkungan Polri.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam 4 surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023. Semuanya tertanggal 27 Maret 2023 dan ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mutasi jabatan besar-besaran itu turut berdampak bagi sejumlah jabatan di Polda Jateng. Sejumlah Kapolres dan pejabat utama dirotasi karena promosi jabatan atau memasuki masa purna tugas.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menjelaskan, mutasi jabatan di lingkungan Polri merupakan hal biasa dalam dinamika berorganisasi.

“Benar ada empat surat telegram terkait mutasi jabatan yang diterbitkan Kapolri dan ada sejumlah pejabat di Polda Jateng yang mengalami pergantian,” kata Iqbal, Rabu (29/3).

Sejumlah pejabat yang mengalami pergantian, yakni Kombes Pol Mukiya Kabidpropam Polda Jateng yang memasuki masa purna tugas diganti Kombes Pol Aris Supriyono yang sebelumnya menjabat Kapolresta Sleman Polda DIY, ungkapnya.

Jabatan Kapolresta Sleman Polda DIY selanjutnya diisi pejabat dari Polda Jateng yaitu AKBP Yuswanto Ardi yang sebelumnya menjabat Wakapolrestabes Semarang

AKBP Edhi Cahyono, Kabagbinkar Biro SDM Polda dipromosikan menjadi Dosen Utama Akpol, posisinya diisi AKBP Budi Adhy Buwono yang sebelumnya Kapolres Demak.

Sementara itu, AKBP Muhammad Purbaja Kapolres Purworejo mengisi jabatan Kapolres Demak, posisi Kapolres Purworejo diganti AKBP Victor Ziliwu yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Jateng

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo dipromosikan menjadi Wakapolresta Bogor, posisinya diganti Kapolres Jepara AKBP Warsono. Selanjutnya, Kapolres Jepara diganti AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang sebelumnya menjadi Kapolres Sukoharjo.

Advertisements

Selanjutnya, Jabatan Kapolres Sukoharjo diisi AKBP Sigit yang sebelumnya menjabat Kasatlantas Polrestabes Semarang

AKBP Dandy Ario Yustiawan, Kapolres Rembang, mendapat promosi jabatan menjadi Wakapolresta Pati. Kapolres Rembang selanjutnya diisi AKBP Suryadi dari Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Kaltim

Kapolres Pekalongan AKBP DR Arief Fajar Satria juga mendapat promosi jabatan. Dirinya diangkat menjadi Wakapolresta Cilacap. Jabatan yang ditinggalkannya diisi AKBP Wahyu Rohadi yang sebelumnya menjabat Kapolres Pekalongan Kota.

Sedangkan jabatan Kapolres Pekalongan Kota diisi AKBP Albertus Recky Robertho yang sebelumnya menjabat Kabagops Polrestabes Semarang

Selain itu, lanjut Iqbal, satu pejabat dari Polda Jateng memperoleh promosi jabatan Kapolres di Polda DIY. Pejabat tersebut adalah AKBP Nunuk Setiyowati yang sehari-hari menjabat Kasubdit Satpampolsus Ditbinmas Polda Jateng yang diangkat menjadi Kapolres Kulon Progo.

“Sejumlah pejabat Kapolres dari Polda Jatim juga akan mengisi jabatan baru di Jateng. Antara lain, AKBP Rahman Wijaya, Kapolres Tuban, yang dipromosikan menjadi Wadirlantas Polda Jateng. AKBP Catur Cahyono Wibowo, Kapolres Ponorogo, jadi Wakapolresta Surakarta serta AKBP Wiwit Ari Wibisono, Kapolres Bangkalan, mengisi jabatan Wakapolrestabes Semarang,” pungkasnya.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 95,505