Sambut HUT Bhayangkara Ke 76, Polda Jateng Gelar Khitanan Massal di RS Bhayangkara

MASSAL : Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, Polda Jateng melalui Biddokkes menggelar Bakti Kesehatan (Baktikes) berbentuk Khitanan Massal yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Tk II Awaloeddin Djamin, Kota Semarang. (BeeNews.id/doc)

SEMARANG – Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, Polda Jateng melalui Biddokkes menggelar Bakti Kesehatan (Baktikes) berbentuk Khitanan Massal yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Tk II Awaloeddin Djamin, Kota Semarang, Kamis (19/5/2022).

Kegiatan itu diikuti 125 anak-anak berusia 5-14 tahun yang berasal dari beragam kalangan masyarakat.

Kepala Rumah sakit (Karumkit) Bhayangkara Semarang, Kombes Pol dr. Muhammad Khusnan Marzuki yang membuka kegiatan menjelaskan khitanan massal dilakukan karena membawa manfaat kesehatan khususnya bagi kaum pria.

“Khitan bagi anak-anak akan membawa hikmah dan berkah tersendiri bagi mereka yang melaksanakan. Selain membawa pahala karena merupakan salah satu sunnah agama, proses khitan juga merupakan salah satu tahapan hidup bagi anak menuju kedewasaan,” ungkap Kombes dr. Khusnan.

Secara psikologis, kata dia, seorang anak belajar mengenai pengorbanan melalui proses khitan dan diharapkan mampu mengembangkan pola pikir anak menjadi lebih dewasa.

“Dia berani berkorban untuk masa depannya di dunia maupun di akhirat. Pola pikir anak sebelum dan setelah dikhitan juga akan berbeda,” lanjutnya.

Selain itu, terang dr. Khusnan, khitan membawa dampak kesehatan fisik bagi anak. Kesehatan anak menjadi lebih terjaga sehingga terhindar dari penyakit kelamin.
(Red2/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,297