Rp.1 Juta Perbulan Cukup? Inilah Deretan Kota yang Dikenal Bisa Hidup Murah

YOGYAKARTA : Dalam satu bulan, mahasiswa dapat hidup di Yogyakarta hanya dengan mengeluarkan sekitar RP 1-1,5 juta saja. Hal ini karena masih banyak makanan di Yogyakarta yang harganya di bawah Rp 10 ribu per porsi.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

TEGAL – Kota yang dikenal dengan biaya hidup murah salah satunya adalah Yogyakarta. Kota yang juga dikenal sebagai kota pelajar ini sering dijadikan tujuan favorit mahasiswa dalam melanjutkan studi. Namun apakah hanya Yogyakarta yang dikenal murah?

Survei Biaya Hidup (SBH) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 mencatat, Jakarta adalah kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Di Jakarta, biaya hidup satu orang yang sudah berkeluarga sekitar Rp 2,5 juta-Rp 5 juta, tergantung gaya hidup. Adapun, biaya hidup satu keluarga dengan dua anak dapat mencapai sekitar Rp 7,5 juta. Sedangkan kota-kota termurah di Indonesia, cukup ramah di kantong dengan kisaran termurah sekitar Rp 1-1,5 juta per bulan tiap orang. Hal itu termasuk biaya bahan pangan, transportasi, makanan, hingga sewa kos yang murah.

Dikutip dari Lembaga Konsultan Pendidikan SUN Education, berikut ini sederet kota yang dikenal dengan biaya hidup termurah di Indonesia :

1. Yogyakarta

Kota pertama tentu saja ada Yogyakarta. Sampai saat ini provinsi yang diapit provinsi Jawa Tengah ini menjadi salah satu kota tujuan mahasiswa untuk kuliah karena biaya hidup yang dikenal murah. Dalam satu bulan, mahasiswa dapat hidup di Yogyakarta hanya dengan mengeluarkan sekitar RP 1-1,5 juta saja. Hal ini karena masih banyak makanan di Yogyakarta yang harganya di bawah Rp 10 ribu per porsi.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk tempat tinggal berupa indekos (kos-kosan) juga berkisar antara sekitar Rp 300 hingga 700 ribu saja. Yogyakarta juga memiliki daya tarik karena terdapat kampus-kampus favorit. Mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN), hingga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

2. Solo

Memiliki lokasi yang tak jauh dengan Yogyakarta, Solo juga menjadi kota dengan biaya hidup yang murah di Indonesia. Biaya hidup di kota ini sekitar Rp 1,5 juta, sudah termasuk tempat tinggal dan biaya makanan.

Di Solo menjadi juga ada beberapa kampus favorit seperti Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), hingga Institut Seni Indonesia Surakarta.

3. Banyuwangi

Menurut hasil laporan survey Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, Banyuwangi menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang murah, dengan biaya sekitar Rp 1-1,5 juta per bulan. Di kota ini juga ada kampus favorit, salah satunya yakni Universitas PGRI Banyuwangi.

4. Cirebon

Dari wilayah Jawa Barat ada Cirebon yang juga dikenal sebagai kota dengan biaya hidup murah. Untuk biaya biaya kost, biaya makan, dan hiburan hanya berkisar kurang dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Di Cirebon ada beberapa kampus favorit, mulai dari Universitas Gunung Jati, Universitas Muhammadiyah Cirebon, hingga Universitas 17 Agustus Cirebon.(Red3/Umum)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,050