Resep Udang Saus Padang Solusi cepat yang bosan masakan itu – itu saja

SEDAP : Resep Udang saus padang yang sangat nikmat, sedap dan menggugah selera makan. Resep ini merupakan solusi bagi Bunda yang bingung mau masak apa untuk keluaga tercinta. (BeeNews.id/Nur Hayati)

TEGAL – Bingung dengan masakan yang itu – itu saja, bahan juga terbatas? Kamu bisa langsung sajikan udang saus padang yang paling nikmat dan dijamin menggugah selera.
Salah satu olahan seafood paling populer adalah udang saus padang. Seluruh aspek darinya sangat menggugah selera makan, mulai dari warna tekstur hingga aromanya.

Berikut merupakan panduan lengkap resep masakan rumahan Udang Saus Padang yang bisa Bunda aplikasikan dengan dengan di rumah.

Bahan – bahan
– 1/2 kg Udang
– 6 buah cabai rawit (di iris tipis serong)
– 1 buah jeruk nipis
– 2 lembar daun jeruk
– 2 cm jahe (di iris tipis-tipis)
– 1 batang sereh (di geprek)
– 1 batang daun bawang (di iris)
– 1 sdm saus sambal
– 1 sdm saus tiram
– 4 sdm saus tomat
– 1 sdt kecap manis
– Gula, garam sesuai selera
– Air Secukupnya

Bahan bumbu halus:
– 3 cabai merah keriting
– 1 merah besar
– 2 siung bawang putih
– 2 siung bawang merah

Cara Pembuatan:
1. Bersihkan udang lalu siapkan wadah, taruh udang di dalamnya, tambahkan air perasan jeruk nipis, biarkan selama beberapa menit, (fungsinya hilangkan bau amis pada udang), setelah itu sisihkan.

  1. Buat bumbu halusnya, blender semua bahan (bawang merah dan putih, cabai merah dan cabai keriting).

  2. Siapkan pan dan tumis bumbu halus tambahkan bahan lain (jahe, sereh, daun jeruk) aduk menggunakan spatula, masukkan cabai rawit potong dan bawang bombay, aduk rata oseng-oseng.

  3. Tambahkan secukupnya air, masukkan udang, tambahkan bumbu (saus tiram, saus sambal, saus tomat, kecap manis, garam, gula), lanjut masak udang hingga air mulai menyusut dan bumbunya merasuk ke cumi (masaknya jangan lama-lama nanti udangnya bisa keras).

5.Terakhir tambahkan irisan daun bawang, aduk sebentar, angkat, pindahkan ke piring, sajikan selagi hangat, ditambah nasi semakin mantab.
Selamat mencoba..
(Red3/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373