Resep Membuat Ikan Bakar agar Bumbunya Meresap

MOMEN : Ikan bakar menjadi salah satu menu favorit yang paling enak jika disajikan bersama keluarga atau kerabat saat momen tahun baru. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Bayangkan menu makan siang yang gurih dan manis ikan bakar yang disantap dengan nasi hangat dan sambal. Menu ini tidak harus beli di restoran, karena ternyata memasaknya mudah banget.

Bumbu untuk membuatnya pun sebetulnya simple banget, cukup beli bawang putih, kecap manis, kecap asin, jahe, kunyit, ketumbar dan margarin.

Cara masak dibakar juga bisa dibilang lebih sehat karena tidak ada tambahan kalori dan lemak.

Kunci kelezatan resep ikan bakar ada pada bumbunya yang jika meresap sempurna bikin ikan bakar terasa semakin nikmat.

Berikut resep ikan bakar yang bumbunya meresap sempurna :

  1. Gunakan Ikan Segar

Pastikan kamu memilih jenis ikan yang segar dengan cir-ciri seperti sisik ikan masih melekat pada badannya. Perhatikan juga sisik ikan, pilih warna sisiknya masih mengkilap.

Selain itu, mata ikan cerah dan bening, jika daging ikan ditekan terasa masih elastis. Perhatikan juga baunya, ikan segar memiliki bau tidak busuk dan tidak berlendir.

  1. Rendam ikan dengan air jeruk nipis

Cara menghilangkan aroma amis ikan yaitu dengan merendamnya dengan air jeruk nipis atau air asam. Rendam ikan dengan air jeruk nipis selama 15 menit, sebelum diolah kembali.

  1. Olesi dengan minyak sayur

Selain direndam dengan air asam, kamu bisa menggunakan minyak sayur sebagai olesan ikan bakar.

  1. Bumbu rendaman ikan bakar

Untuk membuat ikan bakar, kamu juga perlu membuat bumbu rendaman ikan bakar. Gunakan bumbu rendaman seperti bawang putih, ketumbar, dan kunyit yang dihaluskan.

Advertisements

Oleskan pada badan ikan dan bakar, selain bumbu rendaman tersebut kamu juga bisa menggunakan kecap atau minyak bawang sebagai bumbu oles ikan bakar.

  1. Buat ikan bakar dengan arang

Hindari menggunakan minyak tanah karena bisa membuat aroma minyak terserap ke dalam daging ikan. Pastikan bara api merah menyala, bolak balik ikan agar matang merata.

  1. Tusuk sedikit dagingnya

Ada cara menguji kematangan ikan bakar yaitu tusuk sedikit daging ikan dengan garpu. Kalau daging mudah terlepas, tandanya ikan bakar matang.

  1. Sajikan ikan bakar dengan sambal cocolan

Kunci kelezatan dari ikan bakar juga terletak pada penyajiannya, sajikan ikan bakar dengan aneka sambal seperti sambal terasi matang, sambal dabu-dabu atau sambal rica-rica.

Selamat mencoba..
(Red2/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,403