Resep Cokelat Praline Sederhana untuk Valentine Day

MOMEN : Hari Valentine atau hari kasih sayang dirayakan setiap tahun di tanggal 14 Februari. Momen ini dimanfaatkan dengan saling memberi hadiah dalam bentuk cokelat atau barang kepada pasangan sebagai tanda kasih sayang. (Beenews.id/doc)

TEGAL – Bicara soal Valentine’s Day, siapa sih yang enggak kepikiran tentang cokelat? Ya, di hari kasih sayang tersebut, cokelat sudah jadi makanan yang wajib hadir.

Bahkan, Valentine’s Day sudah identik dengan cokelat sampai-sampai jadi tanda cinta buat orang yang dikasihi.

Menjelang hari Valentine, beragam cokelat praline mulai banyak dijual di berbagai tempat. Mulai dari toko kue, supermarket hingga di bazaar.

Tak perlu membeli, cokelat praline nyatanya juga sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun bisa diatur sesuai selera dan mudah ditemukan dimana saja.

Tingkat kemanisannya pun bisa dikurangi jika tak terlalu suka dengan rasa manis berlebihan dari cokelat. Berikut ini resep membuat cokelat praline yang enak dan sederhana :

Bahan-bahan :

  • 500 g dark chocolate compound
  • 500 g white chocolate compound
  • 500 g pink chocolate compound
  • 500 g milk chocolate compound

Cara membuat:

  1. Potong-potong kecil setiap coklat. Tempatkan dalam mangkuk stainless steel.
  2. Rebus air di panci, letakkan mangkuk di atasnya untuk melelehkan coklat. Aduk-aduk terus hingga coklat meleleh merata.
  3. Siapkan cetakan silikon yang mudah dikeluarkan untuk coklat.
  4. Segera tuang coklat leleh ke dalam setiap cetakan selagi panas. Hentak-hentakkan sebentar agar hasilnya halus.
  5. Jika sudah dingin, masukkan freezer agar cepat mengeras. Jika sudah mengeras, keluarkan dan lepaskan dari cetakan dengan cara diketuk-ketuk. Coklat akan mudah terlepas jika sudah benar-benar mengeras.
  6. Coklat bisa diberi wadah kertas agar cantik dan ditata di box atau toples kaca.

Coklat praline sederhana siap dinikmati, jika suka, boleh dihias bagian luar setiap praline, atau bisa juga diberi isian. Pilih coklat compound yang lembut sehingga hasilnya pun enak saat digigit di dalam mulut.

Selamat mencoba!
(Red2/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,824