Rekomendasi Tanaman Hias Indoor dan Manfaatnya

POPULER : Tanaman hias tak hanya mempercantik rumah tetapi juga memiliki nilai jual yang tinggi. Monstera, atau dikenal sebagai “janda bolong”, adalah salah satu tanaman hias yang populer dan mahal karena beberapa jenisnya yang langka. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Selain bagian luar rumah, bagian dalam pun perlu diberi perhatian khusus. Agar hunian terasa nyaman dan homey, tak ada salahnya apabila bagian interior dihias seindah mungkin.

Kamu dapat memulainya dengan memilih tanaman indoor. Tanaman bisa memberikan kesan sejuk dan natural yang bisa membuat suasana merasa nyaman saat berada di dalam rumah.

Dengan cuaca dan kondisi yang sangat panas seperti di daerah Indonesia ini, penambahan tanaman di dalam rumah niscaya bisa membantu rumah lebih adem lagi.

Berikut ini rekomendasi tanaman hias indoor beserta manfaatnya :

1. Kaktus

Meski kecil dan berduri, ternyata kaktus punya manfaat kesehatan yang besar, tanaman yang mudah dirawat ini bisa mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya. Cocok untuk diletakkan di meja kerja atau sekaligus penghias hunian mungil di tengah kota, seperti apartemen.

2. Lidah Mertua

Meski namanya lucu, tanaman lidah mertua memberi manfaat yang serius untuk ruangan, tanaman berbentuk runcing seperti lidah buaya ini dapat menyerap polusi udara serta debu dalam rumah. Untuk kamu yang alergi debu, dapat mencoba meletakkan tanaman dalam pot ini di sudut ruangan, terutama dekat dengan pintu masuk.

3. Bambu Di Dalam Pot

Tanaman bambu tak melulu harus besar, banyak, dan berada di luar rumah, kamu bisa meletakkan tanaman bambu kecil dalam pot di dalam hunian atau biasa disebut dengan bambu hias. Tanaman yang dipercaya masyarakat Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan ini ternyata punya manfaat mengubah karbondioksida dalam ruangan menjadi oksigen agar ruangan lebih segar.

4. Lili Paris

Lili paris mudah kamu jumpai di tempat penjual tanaman, meski pasaran, manfaat lili paris juga masif untuk kesehatan. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, lili paris dapat kamu letakkan di sudut atau tengah meja kosong dan biarkan ia menyerap karsinogen, benzena, dan nikotin, kemudian mengubahnya menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan.

5. Monstera

Meski namanya sekilas terdengar horor, namun tanaman monstera yang berwarna hijau pekat ini justru sangat baik bagi udara di dalam ruangan. Monstera dapat menyerap CO2 dengan baik saat malam hari dan melepaskan oksigen, sehingga, udara ruangan akan terasa lebih segar saat pagi hari.

6. Lavender

Meski terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, sebenarnya lavender juga punya manfaat lain bagi kesehatan, yakni mengeluarkan zat yang bisa membuat kamu lebih rileks sehingga cocok untuk kamu yang sering sakit kepala dan susah tidur. Lavender akan sangat cocok bila kamu letakkan di ruang bersantai atau di sudut kamar tidur kamu.

Advertisements

(Red2/Property)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 70,941