Referensi Kuliner Mie Ayam serta Bakmi Legendaris di Jakarta

LEGENDARIS : Mie ayam dan bakmi salah satu kuliner andalan masyarakat Indonesia. Banyak sekali kuliner mie ayam dan bakmi populer yang legendaris khususnya di Jakarta yang masih eksis sampai sekarang. (BeeNews.id/doc)

JAKARTA – Mie ayam dan bakmi menjadi salah satu kuliner favorit yang paling dicari masyarakat Indonesia, terlebih warga Kota Jakarta. Hal ini diakibatkan karena cita rasa 2 (dua) makanan ini sangatlah enak dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masayarakat Indonesia tentunya. Banyak pula yang menjualnya di pinggir jalan, dijual dengan berkeliling, dan juga menetap pada satu rumah makan atau outlet.

Sebenarnya, mie ayam dengan bakmi ini adalah dua hal yang berbeda. Mie ayam adalah olahan makanan yang berbahan dasar utama mie kuning yang dimasak dengan cara direbus dengan menambahkan campuran saus kecap serta daging ayam menciptakan cita rasa yang lezat dan biasanya mie ayam disajikan dalam satu mangkuk yang sudah tercampur dengan kuah dan toppingnya.

Sedangkan bakmi sebenarnya merupakan olahan mie oriental yang berasal dari Tiongkok. Berbeda dengan sajian mie ayam, biasanya bakmi disajikan dalam dua atau lebih mangkuk yang berbeda.

Bumbu pada ayam dalam bakmi juga lebih sederhana dibandingkan dengan ayam pada mie ayam. Biasanya topping pada bakmi dapat menggunakan topping daging babi, tidak hanya daging ayam saja.

Ada beberapa mie ayam dan bakmi legendaris yang hingga saat ini masih ramai pengunjung yang ada di Jakarta, diantaranya:

  1. Mie Ayam Gondangdia
    Berdiri sejak tahun 1968, Mie Ayam Gondangdia ini disebut sebagai bakmi legendaris di Jakarta. Mie Ayam Gondangdia terletak di daerah Gondangdia, tepatnya di Jalan RP Soeroso Nomor 36, Jakarta. Fakta menarik lainnya, Mie Ayam Gondangdia ini merupakan favorit salah satu mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

  2. Mie Ayam Pendi Kerinci
    Mie ayam legendaris ini sudah ada sejak tahun 1972 silam. Warung mie ayam ini hanya menggunakan gerobak simple sebagai medianya, dan tetap sama hingga sekarang. Tetap populer juga sampai zaman sekarang ini.

  3. Bakmi Roxy
    Bakmi ini terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Cita rasa yang luar biasa enak disajikan dalam semangkuk bakminya. Bakmi Roxy ini salah satu bakmi yang halal yang ada di Jakarta lho.

  4. Bakmi Gang Kelinci
    Bakmi halal kedua yang ada di Jakarta adalah Bakmi Gang Kelinci. Bakmi ini sudah ada sejak tahun 1957 silam. Bakmi ini tetap eksis hingga sekarang, sejak berdiri sebagai warung yang sederhana hingga sekarang sudah modern.

  5. Bakmi Aboen
    Di setiap gang yang ada di Pasar Baru Jakarta menyimpan banyak cerita kuliner legendaris yang luar biasa enak. Seperti salah satunya, Bakmi Aboen yang sudah berusia 58 tahun. Bakmi ini tetap ramai pengunjung dari dulu hingga sekarang. Tidak heran Bakmi Aboen ini termasuk salah satu bakmi legendaris.

  6. Bakmi Boy
    Bakmi legendaris selanjutnya yang tak ketinggalan adalah Bakmi Boy yang ada di Pasar Mayestik, Jakarta. Berdiri sejak tahun 1963, bakmi ini selalu menjadi favorit.

  7. Bakmi Tropik
    Bakmi ini telah ada sejak tahun 1950 silam dan jika dihitung sudah beroperasi selama 72 tahun lamanya. Disini Mie Yamin adalah menu yang menjadi andalan. Mienya berwarna kecoklatan karena dicampur kecap manis serta racikan bawang putih.

  8. Bakmi Babah Tong
    Bakmi ini telah buka sejak awal tahun 1970-an silam. Menu bakmi pangsit rebus serta bakso menjadi menu andalan sejak dahulu. Tentu saja cita rasa yang disajikan terjamin rasa aslinya yang ada sejak dahulu kala. Bakmi ini berlokasi di Jalan Mantraman Raya, Jakarta.

Itulah beberapa referensi kuliner Mie Ayam dan Bakmi legendaris yang ada di Jakarta yang masih populer hingga sekarang. Khususnya buat pecinta kuliner, langsung saja untuk mencicipi referensi kuliner mie ayam dan bakmi legendaris yang ada di Jakarta, dijamin ketagihan.

“Saya termasuk salah satu pecinta kuliner mie ayam dan bakmi. Saya lumayan sering datang dan menikmati mie ayam atau bakmi yang ada di Jakarta, karena rasanya yang luar biasa enak dan bikin ketagihan,” tutur Dina, salah satu pelanggan kuliner mie ayam dan bakmi di Jakarta.
(Red4/Kuliner)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,276