Prajurit Brebes Diuji Kemampuan di Wilayah Paguyangan

PELATIHAN : Para prajurit babinsa jajaran Kodim 0713 Brebes sedang ikuti pengujian keterampilan militer secara perorangan sesuai jenjang kepangkatannya. Ujian tersebut juga menjadi acuan dalam pelaksanaan latihan selanjutnya sesuai dengan kalender latihan satuan, yaitu latihan kelompok.(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Ratusan babinsa jajaran Kodim 0713 Brebes kembali diuji keterampilan militer secara perorangan sesuai jenjang kepangkatannya.

Kasdim 0713 Brebes, Mayor Infanteri Drs. Abdul Asis Lallo, secara resmi membuka ujian melalui upacara di Lapangan Desa paguyangan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (9/2).

Disampaikan Kasdim, bahwa ada 11 pos ujian tertulis, yaitu 10 pos materi umum dan 1 pos lagi khusus untuk anggota inteligen.

“Ujian ini dilaksanakan selama dua hari agar para babinsa tetap terjaga kemampuan dan keterampilannya sebagai prajurit dan babinsa dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks kedepannya,” terangnya.

Kemudian disampaikan Pasi Ops Kodim Brebes Kapten Arhanud Suryadi SH, untuk materi umum dasar militer yang diujikan berpedoman kepada BPUP (Buku Pedoman Umum Prajurit) tingkat 3 sampai 7, meliputi navigasi darat (ilmu medan dan peta kompas), teknik dasar menembak, tehnik dasar bertempur, tali-temali, dan komunikasi.

Sedangkan untuk materi kemampuan penguasa wilayah meliputi 5 kemampuan teritorial yaitu temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat, dan kemampuan komunikasi sosial (komsos).

Untuk itu, ia pun minta agar latihan itu dilaksankaan dengan semangat karena sebagai acuan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas keterampilan prajurit.

“Ujian ini juga untuk merefresh kembali dasar-dasar ilmu kemiliteran dan teritorial,” tutupnya.

Sementara itu bagi anak-anak desa setempat di RT. 06 RW. 03, dimana salah satunya adalah Agata Abimanyu (8), murid kelas 2 SDN 01 Paguyangan, kehadairan ratusan prajurit di desanya membuatnya bangga dan termotivasi menjadi prajurit.

Untuk diketahui, UTP umum itu untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh/dilatihkan di tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar) sebelumnya yang telah dilaksanakan dengan jangka waktu terukur dan terprogram.

Advertisements

Selama pelaksanaan ujian juga mendapatkan pengawasan pejabat dari Staf Operasi Korem 071 Wijayakusuma. (Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,401