Pesona Pantai Siung di gunung Kidul

DESTINASI : Pantai Siung adalah sebuah destinasi wisata yang sangat popular dimata para pemanjat tebing yang berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. (BeeNews.id/doc)

YOGYAKARTA – Yogyakarta kerap dikenal sebagai kota yang kental akan wisata budaya dan sejarah. Sebut saja Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, dan Taman Sari yang tak pernah sepi pengunjung.

Padahal, Kota Gudeg juga memiliki beberapa pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Pantai-pantai tersebut menyuguhkan pemandangan khas yang indah dan eksotis.

Salah satunya adalah Pantai Siung di Kawasan Gunung Kidul, pantai ini begitu special karena lanskapnya yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Ciri khas yang paling menonjol adalah gugusan batu karang yang tersebar dari arah timur hingga barat.

Batu-batu karang ini sangat popular di mata para pemanjat tebing, belum lagi bukit karangnya yang menjulang tinggi seperti benteng bagi pantai suing.

Menurut tokoh setempat, Wastoyo bentuk batu karang raksasa tersebut menyerupai gigi kera atau suing wanara. Karena itulah pantai ini disebut pantai suing. Tak hanya itu, kamu dapat menemukan beberapa ekor kera panjang disekitar pantai.

Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dari pusat kota Jogja dapat ditempuh dengan jarak sekitar 77 km atau sekita 2-3 jam perjalanan.

Pantai siung memiliki berbagai macam daya tarik yang sayang untuk dilewatkan diantaranya, tempat untuk camping, panjat tebing, Hammocking.

Seperti kebanyakan pantai lain di Jogja, Pantai Siung juga menyediakan fasilitas yang memadai, seperti lahan parkir, toilet, tempat ibadah, dan beberapa warung makan yang menyajikan hasil olahan laut dan beberapa menu khas Yogyakarta.

Untuk masuk ke pantai suing, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 3.000 per orang, bagi yang membawa sepeda motor juga akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000, sementara biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Bagi yang berniat untuk menginap , kamu wajib membayar biaya kebersihan sebesar Rp10.000 kepada petugas yang berkeliling. Untuk aktivitas panjat tebing sendiri, kamu bisa melakukannya secara gratis!

Advertisements

Di samping itu, kamu juga perlu menyiapkan uang lebih jika ingin membeli makanan atau menyewa rumah panggung di Pantai Siung.

Mengingat peraturan Pantai Siung yang memperbolehkanmu bermalam, jam operasional pun tidak berlaku di sini. Kamu bisa datang ke Pantai Siung kapan pun kamu mau.
(Red2/Wisata)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , , , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,411