Peringatan Hari Penyiaran Nasional 1 April

INFORMASI : Melalui kegiatan siaran, masyarakat bisa mendapatkan ragam informasi. Termasuk hiburan dan pendidikan yang krusial dalam membangun negara lebih baik.(BeeNews.id/Zuhud).

TEGAL – Hari Penyiaran Nasional diperingati setiap tanggal 1 April, yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu (1/4).

Peringatan Hari Penyiaran Nasional 2023 ini bertepatan dengan berdirinya lembaga penyiaran pertama milik Indonesia pada 1 April 1933.

Dikutip dari laman Presiden RI, lembaga penyiaran pertama itu bernama Solosche Radio Vereeniging (SRV), berdiri di Surakarta.

Berasal dari itulah, Presiden kemudian menetapkan 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas). Penetapan Harsiarnas 1 April melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2019.

Hari Penyiaran Nasional ditetapkan persisnya pada 29 Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Penetapan dilakukan melalui Keppres Nomor 9 Tahun 2019. Latar dari penetapan Hari Penyiaran Nasional ini adalah peringatan didirikan Lembaga Penyiaran Radio milik Bangsa Indonesia, yaitu Solosche Radio Vereeniging (SRV).

Lembaga tersebut didirikan pada 1 April 1933 di Solo. Pemrakarsa SRV adalah KGPAA Mangkunegoro VII.

Deklarasi Hari Penyiaran Nasional pada 1 April 2010 turut menjadi pertimbangan penetapan oleh Presiden Jokowi. Deklarasi pada 13 tahun lalu itu dilakukan para pemangku kepentingan di bidang penyiaran.

Hari Penyiaran Nasional menjadi momen untuk mengenang peran penyiaran dalam kehidupan masyarakat. Baik sosial, budaya, maupun politik di Indonesia.(Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,497