Penyakit Jantung Dapat Diprediksi 5-10 Tahun Sebelumnya

RESIKO : Dengan melihat gaya hidup dan riwayat penyakit. Misal, apakah merokok atau tidak, bagaimana kadar kolesterol, diabetes, dan lainnya. Untuk mengetahui risiko seseorang terhadap penyakit jantung, bisa juga dengan memanfaatkan kalkulator kesehatan dalam aplikasi Jantungku.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji).

BANDUNG – Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian terbesar di dunia dan Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2018 mencatat, jumlah populasi penduduk Indonesia sebanyak 274 juta atau terbesar keempat di dunia. Dari jumlah itu, sebanyak 2,7 juta penduduk di Indonesia menderita penyakit jantung.

“Biasanya orang datang ke dokter jantung ketika sudah timbul gejala. Padahal penyakit jantung bisa diprediksi 5-10 tahun sebelumnya,” kata dokter spesialis jantung di Bandung Heart Clinic, dr Agus Thosin SpJP.

Caranya dengan melihat gaya hidup dan riwayat penyakit. Misal, apakah merokok atau tidak, bagaimana kadar kolesterol, diabetes, dan lainnya. Untuk mengetahui risiko seseorang terhadap penyakit jantung, bisa juga dengan memanfaatkan kalkulator kesehatan dalam aplikasi Jantungku.

Di sana, masyarakat tinggal memasukkan data umur, jenis kelamin, kebiasaan merokok, kadar kolesterol, tekanan darah sistolik, dan hipertensi. Data berformat semi wawancara ini akan diolah dan dikalkulasi oleh artificial intelligence (AI) untuk menentukan presentase kemungkinan terkena penyakit jantung.

Apakah orang tersebut berisiko rendah, sedang, atau tinggi. Bagi yang berisiko rendah, bisa mempertahankannya dengan menjaga gaya hidup.

Bagi yang berisiko sedang dan tinggi, bisa menghubungi dokter, untuk membantu mengurangi risiko. Misal, memperbaiki angka kolesterolnya, tensi darah, menghentikan kebiasaan merokok, dan lain-lain.

“Yang tidak bisa diubah hanya dua, usia dan jenis kelamin,” tutur Co Founder Aplikasi Jantungku. Begitupun bagi mereka yang ragu dengan kondisi kesehatannya, apakah gejala seperti sakit dada yang dirasakannya tanda-tanda penyakit jantung atau bukan.

“Masyarakat bisa memanfaatkan beberapa fitur, seperti mengetahui apakah sakit dada yang dirasakan gejala penyakit jantung atau bukan,” ucapnya.

Bagi mereka yang divonis penyakit jantung, bisa memanfaatkan fitur catatan medis. Di sini, semua data rekam medis seperti foto hasil EKG, ECHO, laboratorium, dan lainnya bisa dunggah. Jadi ketika pasien datang ke dokter jantung manapun, tidak perlu repot menjelaskan. Karena terkadang seseorang lupa dengan hasil detail pemeriksaan kesehatannya.

“Penyimpanan catatan medis digital ini dapat menyimpan data kesehatan penggunanya dengan aman. Rekam medis ini hanya dapat berikan dengan seizin pengguna,” tutur dia.

Advertisements

Fitur lainnya ada pemeriksaan mandiri, pertolongan pertama, konsultasi online, dan artikel kesehatan jantung.
(Red3/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,334