Penganugerahan Top 28 Wirausaha Pemuda 2021 oleh Bupati Tegal

PENGANUGERAHAN : Penganugerahan top 28 wirausaha pemuda oleh Bupati Tegal Umi Azizah di Gedung Dadali, Senin (06/12/2021). Masing-masing calon wirausahawan muda terpilih ini mendapat insentif modal usaha senilai Rp 15 juta. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Sebanyak 28 orang pemuda terpilih menjadi calon bos muda setelah konsep bisnisnya dinilai unggul dan mampu menyisihkan gagasan bisnis lainnya dari ratusan peserta seleksi Program Wirausaha Pemuda 2021.

Bupati Tegal Umi Azizah pun berkesempatan menyerahkan insentif modal usaha senilai Rp 15 juta kepada masing-masing pemenang di Gedung Dadali, Senin (06/12/2021) siang.

“Mudah-mudahan, pencapaian yang sudah kalian raih dari rangkaian proses seleksi ini semakin memantapkan diri menekuni dunia wirausaha. Merealisasikan ide bisnis atau gagasannya untuk meraih kemandirian ekonomi,” kata Umi.

Lebih lanjut Umi menyampaikan, selain menstimulasi tumbuhnya mental berwirausaha di kalangan pemuda, program ini juga dinilai mendukung upaya pemulihkan ekonomi di masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Keistimewaan program ini, yang kita bidik dan kita didik adalah anak-anak muda,” ujarnya.

Penumbuhan wirausaha pemuda merupakan bentuk jawaban dari tantangan bonus demografi. Dirinya pun optimis, program pendampingan yang terus dilakukan dan dievaluasi dalam mencetak entrepreneur muda produktif akan berpeluang lebih besar menjamin keberlanjutan usahanya, termasuk membuka lapangan kerja baru.

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini akan terus mendukung jalannya program Wirausaha Pemuda yang sudah berjalan selama tiga tahun tersebut agar perannya dalam menyokong pertumbuhan ekonomi daerah semakin menguat.

Salah satu upayanya dengan mensinergikan program ini dengan program UMKM Tegal Go Digital yang dirintisnya bersama PT Kasyr Sibernetika Indonesia, perusahaan startup untuk menyiapkan UMKM Kabupaten Tegal yang siap bersaing, berkompetisi di pasar global dan pasar digital.

“Kita sudah sediakan TrackingSpace atau Trasa Coworking Space untuk mewadahi aktivitas penguatan literasi digital UMKM tersebut, termasuk alumni dari Program Wirausaha Pemuda ini tentunya. Jangan lupa untuk bangun dan perkuat komunitas alumni program Wirausaha Pemuda ini, termasuk para bos-bos muda. Yakinlah, ada banyak manfaat dengan adanya wadah alumni ini, mulai dari forum komunikasi untuk saling berbagi pengalaman dan menangkap peluang usaha, juga memudahkan akses para alumnusnya masuk ke jaringan investor dan permodalan,” pesan Umi.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal Muhammad Romly Fazza menuturkan jika seluruh rangkaian tahapan seleksi program Wirausaha Pemuda 2021 sudah terlaksana dengan baik hingga ditetapkannya top 28 orang wirausaha pemuda.

Advertisements

“Antusias pendaftar program ini setiap tahunnya terus meningkat. Tahun ini saja tercatat ada 414 pendaftar yang kemudian kita seleksi jadi 100 besar dan disaring menjadi 50 besar hingga puncaknya hari ini, 28 orang calon wirausahawan pemuda pemula 2021,” pungkas Romly.
(Red2/Bisnis)

Editor : Irene Indah

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,602