Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Politeknik Muhammadiyah Tegal

ANTUSIAS : Mahasiswa baru Politeknik Muhammadiyah Tegal mengikuti dengan antusias Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau saat ini dikenal dengan PKKMB.(BeeNews.id/Zuhudbudiaji)

Pada tahun 2022 terdapat 120 pendaftar yang mendaftarkan diri di kampus Politehnik ini, namun tidak semuanya dapat diterima di kampus ini. Hanya 89 mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di kampus ini.

“Sebanyak 89 mahasiswa yang dinyatakan diterima di kampus ini dengan pendaftar 120 orang,” kata Faizal Humas Politeknik Muhammadiyah Tegal.

Sebelumnya, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Politeknik Muhammadiyah Tegal ini terdapat 3 gelombang, yaitu gelombang 1 pada bulan Juni-Juli 2022, gelombang 2 pada bulan Agustus 2022, dan gelombang 3 pada bulan September ini.

Sebelum memulai kuliah, mahasiswa Baru telah melakukan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 10 & 11 September 2022.

Faizal menyampaikan bahwa dahulu, Politeknik Muhammadiyah Tegal melakukan Ospek kepada mahasiswa baru diluar kampus, seperti ke Guci. Namun sejak adanya Pandemi, Ospek hanya dapat dilakukan di wilayah kampus saja.

Lanjutnya, Kegiatan Ospek dimulai dengan Sidang Senat Terbuka untuk penetapan mahasiswa baru pada hari Sabtu, 10 September 2022 kemudian dilanjutkan dengan stading general yang diisi oleh Helmi Hasan selaku Walikota Bengkulu. Siang dilanjutkan dengan pengenalan akademik di lingkungan kampus, sorenya tentang organisasi kemahasiswaan.

Di Politeknik Muhammadiyah Tegal ini terdapat 2 organisasi, yaitu IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Nah, untuk IMM sendiri masih dibawah perserikatan mahasiswa Muhammadiyah, dan kalau BEM dibawah naungan kampus.

Ada beberapa beasiswa yang diberikan oleh Politehnik Muhammadiyah Tegal seperti KIP (Kartu Indonesia Pintar), beasiswa Kader Muhammadiyah, beasiswa Prestasi dan Bakat, serta beasiswa Hafidz Quran 3 Juz.

“Dalam rangka mengangkat derajat orang-orang penghafal Al-Quran, kita punya keyakinan di Islam kan seperti itu, bahwa orang yang menghafal Al-Quran itu dimuliakan, dan itu nyata. Ketika kita muliakan itu, MasyaAllah, bantuan datang dari saja. Maka dari itu telah menjadi salah satu program Kami sejak 4 tahunan dan betul-betul kita uji 3 Juz,” ujar Faizal.

Lanjutnya, pada tahun ini terdapat 6 orang yang menggunakan jalur Tahfidz Quran. Namun hanya 5 orang saja yang ikut ujian, yang satunya mencoba pakai jalur lain mungkin karena nggak percaya diri.

Advertisements

Faizal berharap, Politeknik Muhammadiyah Tegal bisa lebih maju dan berkembang, bisa menjadi kampus terbaik.

Politeknik Muhammadiyah Tegal ini berlamatkan di Jl. Melati No. 27 kota Tegal (depan stadion Yos Sudarso Kota Tegal) dengan nomor Telepone 0856-4257-7716.
(Red3/Pendidikan)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,446