Pemdes Bulusari Bentuk Kelompok WPA, Akibat Dari 1180 Orang di Brebes Terinfeksi HIV

PENGOBATAN : Memahami apa itu IMS apa itu HIV Aids dan apabila yang terkena itu jangan sampai di diskriminasi atau diasingkan, tetapi kita dekati bersama, untuk periksa dan pengobatan nanti akan digratiskan semua.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

BREBES – Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Infeksi Menular Seksual ( IMS ), HIV/AIDS, Pemerintahan Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes membentuk Warga Peduli Aids ( WPA ) di Balai Desa Bulusari, Jum’at ( 29/7).

Kegiatan diawali dengan dilaksanakannya sosialisasi tentang penanggulangan dan pencegahan IMP dengan Narasumber dari Tim TPA Kabupaten Brebes.

Kepala Desa Bulusari Syarifudin Trirosanto atau dikenal akrab Asep, merasa bersukur dengan adanya program sosialisasi dari Komisi Pencegahan Aids ( KPA ) tersebut karena, menurutnya, yang demikian pastinya bermanfaat untuk masyarakat.

” Apalagi ini berkaitan dengan penyakit yang mungkin selama ini cukup menakutkan, walaupun tidak terlihat untuk para penderitanya, ” kata Asep

Dia berharap dengan adanya sosialisasi yang menghadirkan Tokoh Masyarakat, Kader Kesehatan, Bidan Desa serta Karang Taruna untuk nantinya bisa menjadi penyambung lidah kepada masyarakat terkait bahaya penyakit Aids dan bagaimana cara pencegahannya.

”Jadi kami dari Pemerintah Desa sangat senang dan terima kasih kepada tim Komisi Penanggulangan Aids, ” ujarnya.

Dikatakannya, pembentukan kelompok WPA tingkat Desa yang terdiri dari Tokoh masyarakat dan kader mampu mengidentivikasi atau bisa memberikan sosialisasi kepada Masyarakat luas.

” Bila memang diperlukan misal terjadi temuan bahwa di Desa kami ada penderita, apalagi sampai banyak, maka kami akan menggunakan anggaran Dana Desa untuk gerakan pencegahan itu, ” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Brebes Slamet Tohani menuturkan bahwa di wilayah Kabupaten Brebes sebanyak 1180 orang terinfeksi HIV, maka dari itu Dia berharap WPA khususnya tingkat Desa bisa memahami terkait IMS maupun HIV Aids.

”Memahami apa itu IMS apa itu HIV Aids dan apabila yang terkena itu jangan sampai di diskriminasi atau diasingkan, tetapi kita dekati bersama, untuk periksa dan pengobatan nanti akan digratiskan semua, ” jelasnya.

Advertisements

Disebutkan, untuk wilayah Kabupaten Brebes belum semua terbentuk WPA tingkat Desa, namun sudah ada sekitar 50 Desa yang sudah terbentuk, Dia berharap untuk seluruh Desa bisa terbentuk.

Diterangkan juga oleh Penyuluh KPA Brebes Widya Guna Mulia, bahwa penyakit HIV Aids ditularkan melalui tiga cairan yakni, cairan darah, cairan kelamin dan cairan air susu.

” Namun, orang yang terkena Aids masih bisa beriteraksi seperti makan bareng kerja bareng, itu tidak menular karena penularan hanya melalui tiga cairan tadi yang saya sebutkan, untuk mendeteksinya bisa melalui tes darah di Puskesmas maupun Rumah Sakit, ” kata Widya Guna Mulia yang juga berdinas di RSUD Brebes ini usai memberikan penyuluhan.
(Red3/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,792