Pasar Tradisional menjadi Tujuan Belanja Murah Masyarakat dan Para Ibu

FAVORIT : Meski tidak sebagus pasar modern, pasar tradisional masih menjadi tempat berbelanja favorit para ibu. (BeeNews.id/Lenny Kusuma Putri)

TEGAL – Pasar Tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi jual beli secara langsung dan biasanya ada proses tawar – menawar, sehingga diperoleh harga yang telah disepakati bersama antara penjual dan pembeli.

Bangunan biasanya terdiri dari kios – kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Beberapa daerah memiliki pasar tradisional yang menjadi tujuan berbelanja masyarakatnya.

Pasar Randugunting merupakan salah satu pasar tradisional yang berada di Kota Tegal. Seperti namanya, pasar ini terletak di Jalan KS Tubun, Kelurahan Randugunting Tegal. Ramai setiap hari dari pagi – pagi buta hingga siang menjelang sore.

Sama hal nya dengan pasar tradisional pada umumnya, pasar Randugunting juga terdapat berbagai penjual yang beraneka ragam. Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan lainnya ada di sini.

Walau pasar satu ini diberi nama dengan nama suatu wilayah, namun para pedagangnya banyak dari luar daerah Randugunting. Seperti Bumijawa dan daerah – daerah lainnya.

Tinah merupakan salah satu pedagang sayuran yang berasal dari Bumijawa yang berjualan di pasar Randugunting selama kurang lebih 20 tahun.

“Hasil panen sayuran di tempat saya berasal sangatlah melimpah. Jika hanya mengandalkan pembeli yang datang ke daerah tersebut, perolehannya tidak akan selaris ketika berjualan di pasar” ujarnya.

Wanita paruh baya itu mengaku jika ada saudara yang tinggal di Tegal dan dekat dengan pasar Randugunting. Itu sebabnya, ia memilih berjualan di pasar Randugunting.
(Red1/Perbelanjaan)

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,698