Pasar Malam 17-an Diadakan di Komplek GOR Dan Pameran Pembangunan Di Islamic Center Brebes

BERBEDA : Tahun 2022 ini, tempat pelaksanaan pameran pembangunan dan pasar malam dilaksanakan di lokasi yang berbeda. Jika biasanya satu paket, sekarang pameran pembangunan di Islamic Centre sedangkan Pasar malam di GOR. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

BREBES – Setelah mendapatkan protes dari pedagang kaki lima (PKL) yang menjadi peserta Pasar Malam 17-an. Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Brebes akhirnya membatalkan Pasar Malam 17-an dari rencana awal di komplek Islamic Center ketempat semula yang biasa dijadikan Pasar Malam dan Pameran Pembangunan di komplek Stadion Karang Birahi dan GOR Sasana Krida Adikarsa Brebes.

Hal ini terungkap saat perwakilan PKL melakukan audiensi dengan pihak panitia di ruang Sekda Brebes, Jumat (05/8/22) siang.

Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro menjelaskan panitia menyetujui tuntutan pedagang bahwa pelaksanaan Pasar 17-an di komplek olahraga tersebut. Namun, pengelolaannya mandiri melalui Paguyuban Pedagang Bareng Rukun.

“Meski di GOR, namun mereka melalui paguyuban tetap ditarik kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp. 50 juta,” jelas Warsito Eko Putro.

Menurut Warsito Eko Putro terkait pelaksanaan, waktunya dipastikan tidak bersamaan dengan pameran pembangunan dan UMKM. Sebab, paguyuban pedagang pasar malam harus menyiapkan seluruh kesiapan teknis. Seperti, ketersediaan listrik, lahan parkir, ketertiban umum hingga kelancaran arus lalin. Semuanya, murni menjadi tanggung jawab paguyuban pedagang karena terlepas dari pendampingan panpel.

“Tahun ini, tempat pelaksanaannya berbeda. Jika biasanya satu paket, sekarang pameran pembangunan di Islamic Centre. Pasar malam di GOR,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Bareng Rukun, Boncel, mengapresiasi sikap panitia yang telah mendengar keluhan pedagang. Apalagi sudah dua tahun pedagang tidak bisa menggelar dagangannya pada Pasar Malam 17-an selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Yang jelas, kami mewakili sekitar 500-an pedagang berterimakasih karena pasar malam diijinkan dan rencana akan mulai digelar tanggal 7-29 Agustus 2022,” pungkasnya.(Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,568