Para Lebe Minta Bantuan Dinaikan

BANTUAN : Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono saat memberikan bantuan kepada marbot masjid dan mushola dan modin Kelurahan Panggung dan Mintaragen pada acara Pentashorufan Ramadan dan Dialog Interaktif Bersama Wali Kota di Pendopo Kelurahan Panggung. (Beenews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Setiap pentashorufan bantuan Zakat, Infak dan Shodaqoh (ZIS) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal kepada Modin (lebe) dan Marbot dan Dialog Interaktif Bersama Wali Kota, kenaikan bantuan lebe menjadi perhatian utama. Mereka meminta Pemkot menaikan bantuan yang diberikan selama ini.

Seperti yang terjadi saat Pentashorufan Ramadan dan Dialog Interaktif Bersama Wali Kota di Pendopo Kelurahan Panggung, Kamis (06/04) sore, para lebe meminta Pemerintah Kota Tegal untuk menaikan bantuan untuk para lebe atau modin di Kota Tegal.

Beberapa modin dari Kelurahan Mintaragen dan Kelurahan Panggung kepada Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, menyampaikan langsung permohonan kenaikan bantuan dari Pemkot Tegal yang dananya dihibahkan ke Kantor Kementerian Agama Kota Tegal untuk disalurkan kepada yang berhak.

Kepada Wali Kota, Abdul Rozak, lebe dari Kelurahan Mintaragen menyampaikan permohonan tersebut, dengan menyebutkan agar kenaikan bantuan untuk modin dipertimbangkan. Mengingat tugas yang diemban oleh para lebe dalam mengurus jenazah Apalagi waktu pandemi Covid-19 berlangsung.

Senada dengan Abdul Rozak, Ismawati lebe wanita dari Kelurahan Mintaragen minta bantuan yang diberikan untuk modin agar dinaikkan, dan pendistribusiannya diberikan secara rutin, per triwulan.

Sementara, Akhmad Waqobah lebe dari Kelurahan Panggung selain mengusulkan kenaikan bantuan, Ia juga meminta bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa sarung tangan, untuk penanganan jenazah.

Menanggapi hal tersebut Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa bantuan yang sebelumnya diserahkan langsung dari Pemerintah Kota Tegal, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat, Setda Kota Tegal, sesuai dengan aturan bantuan tersebut dihibahkan ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal, untuk kemudian didistribusikan ke Modin, melalui transfer ke rekening (non tunai).

Terkait kenaikan nominal bantuan, pihaknya akan mengevaluasi dan berkoordinasi dengan Kemenag Kota Tegal, Ia berharap akan ada peningkatan bantuan, namun tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Kita nanti akan evaluasi bersama Kemenang, harapannya nanti ada peningkatan,” ujar Wali Kota Tegal.

Dedy Yon sepakat, idealnya memang disalurkan secara rutin triwulan sekali. Hal tersebut juga akan di bicarakan dengan Kemenang Kota Tegal.

Advertisements

Modin mendapatkan bantuan perbulan Rp. 300.000/orang dipotong pajak dan pembagian dilakukan dua kali dalam setahun.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Tegal tersebut juga memberikan bantuan kepada marbot masjid dan mushola dan modin Kelurahan Panggung dan Mintaragen, berupa uang masing-masing Rp. 75.000,- dan beras 10 kg untuk 99 orang.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,829