Panen Kolang-Kaling di Bulan Ramadhan Penuh Keberkahan

MENGUNTUNGKAN : Bisnis kolang-kaling saat puasa, menurut Frangki terbilang menguntungkan. Banyak pengepul datang ke rumah. Sekali panen ini dapat 1 ton kolang-kaling.(BeeNews.id/Zuhud)

BREBES – Berkah ramadhan bagi petani kolang-kaling di Desa Terlaya, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Ramadan kali ini mereka panen kolang-kaling, buah yang banyak diburu untuk campuran kolak, es campur, dan lain-lain.

Salah satu petani Dusun Cikuning, Frangki mengatakan, saat bulan puasa sebagian besar tanaman kolang-kaling di wilayahnya siap panen. Selain memanen dari hasil kebun sendiri, banyak petani yang mencari kolang-kaling di hutan.

“Mereka mengambil dari sekitar hutan desa disini. Sekarang sedang panen, jadi banyak stoknya,” kata Frangki.

Franki bersyukur karena hasil panennya berlimpah. Apalagi penjualan kolang-kaling saat Ramadan ini terbilang bagus. Permintaan kolang-kaling saat ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan hari biasanya.

Butuh proses khusus untuk mendapatkan buah kolang kaling yang siap jual. Buah kolang-kaling yang sudah dilepas dari tangkainya itu harus direbus dulu selama 2 jam. Setelah itu baru cangkangnya dibuka dan buah kolang-kaling baru bisa dikeluarkan.

“Kolang-kaling yang sudah diproses siap dijual ke pasaran. Harga dari saya Rp 12.500 per kg,” pungkasnya.(Red3/Industri).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,354