Menikmati Keindahan Alam Negeri Kahyangan

DESTINASI : Agrowisata Negeri Kahyangan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Magelang. Objek wisata yang berada di kawasan Gunung Merbabu ini dulunya dikenal sebagai Tol Kahyangan. (BeeNews.id/Nur Hayati)

MAGELANG – Jawa Tengah menawarkan keelokan kekayaan alam untuk dikunjungi. Tempat wisata yang menyuguhkan panorama keindahan alam selalu jadi pilihan banyak wisatawan untuk melepas lelah, menikmati kudapan khas sambil berfoto.

Bukan hanya Borobudur saja, Kabupaten Magelang juga memiliki kawasan negeri di atas awan yang dikelilingi Gunung Merbabu dan Merapi. Dari sekian banyak panorama, ada satu yang menarik perhatian adalah Agro Wisata ‘Negeri Kahyangan’ yang terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Menyadari potensi Gunung Merbabu, pemerintah desa setempat pun langsung membangun infrasturuktur pendukung, jalan berbeton, toilet, tempat makan, homestay hingga spot foto instagramable.

Objek wisata ‘Negeri Kahyangan’ di lereng Gunung Merbabu itu mulai dikenal dan banyak didatangi wisatawan. Pemandangan wisata ‘Negeri Kahyangan’ yang berada di atas ketinggian sekitar 1.400 meter permukaan laut (mdpl) ini memang sangat menakjubkan setiap pengunjung selain hawanya yang sejuk.

Selain itu, akses jalan menuju Agro Wisata ‘Negeri Kahyangan’ yang juga dikenal sebagai tol Kahyangan oleh warga sekitar, sangat mudah karena banyak jalur menuju ke tempat itu, selain bisa dari Boyolali, Magelang, Salatiga dan Gerabak.

Dari Magelang, menuju ke lokasi wisata Negeri Kahyangan itu membutuhkan waktu sekitar 1 jam, sedangkan dari Boyolali, sekitar 1,5 jam serta dari Salatiga kurang dari 1 jam perjalanan. Dengan jalan sudah berbeton menuju ke tempat wisata bisa dicapai dengan menggunakan mobil hingga puncak.

Keindahan alam sekitar tersaji indah dan mempesona, ketika kamu melintas di tol Kahyanga Magelang disuguhi panorama dua gunung yang menjulang tinggi dengan gagahnya, yaitu gunung Merapi dan Merbabu.

Bukan hanya suguhan dua gunung yang indah saat matahari terbit, tetapi juga hamparan sawah luas terletak di perbukitan di kanan kiri jalan. Persawahan terasering letaknya di perbukitan salah satu pemandangan khas di tol Kahyangan Magelang.

Dari jalan tol Kahyangan Magelang juga melihat deretan pemukiman penduduk yang lokasinya di atas perbukitan dan dekat persawahan. Kondisi ini menambah indahnya kawasan tol yang letaknya di Sawangan Magelang.

Ciri khas lain dari tol Kahyangan Magelang di Sawangan adalah saat berkabut di kawasan atas. Kondisi seperti ini tampak jalan seolah menuju ke langit dan menembus Kahyangan, itulah mengapa kemudian kawasan disebut tol Kahyangan Magelang.

Advertisements

Menikmati indahnya tol Kahyangan Magelang dengan datang saat cuaca cerah pilih waktu yang tepat pagi, siang atau sore hari. Cuaca yang cerah dapat melihat lebih jelas panorama gunung Merapi dan Merbabu.

Dari sini dapat juga menyaksikan matahari terbit dan terbenam sepanjang tol Kahyangan. Alternatif lain untuk menuju ke sana ada baiknya melalui Desa Wonolelo, alasannya kondisi jalan sudah di cor dan bagus.
(Red2/Wisata)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,415