Mengenal Wagyu yang Viral dan Lezar Luar Biasa

FAVORIT – Daging sapi terenak di dunia, Wagyu harganya selangit, namun sepadan dengan kualitasnya. Mengapa bisa demikian, karena daging wagyu berasal dari jenis sapi khusus yang mendapat sejumlah treatment istimewa selama dibesarkan peternak.(BeeNews.id/Er Riza Bagus Rosadi)

JEPANG – Steak dengan menggunakan daging sapi yang cukup populer di daratan Asia adalah Wagyu. Banyak chef, selebgram, dan TikToker di Indonesia lantas menunjukkan momen mereka saat makan atau memasak daging Wagyu A5. Mereka mendeskripsikan tekstur dan rasa wagyu ini sangat istimewa. Tidak heran banyak netizen Indonesia ikut penasaran dengan wagyu A5.

Ada banyak macam-macam daging wagyu yang bisa diolah menjadi masakan lezat. Terutama bagi pencinta daging, Anda perlu tahu macam-macam wagyu. Seperti kita tahu, wagyu merupakan daging sapi Jepang yang mengacu ke beberapa ras sapi.

Berdasarkan klasifikasinya pada tahun 1944 silam, ada empat breed macam-macam daging wagyu dari sapi ras murni Jepang. Empat ras wagyu itu di antaranya sapi hitam Jepang atau Kuroge Washu, sapi cokelat Jepang atau Akage Washu, sapi tanpa tanduk Jepang atau Mukaku Washu, dan sapi tanduk pendek Jepang atau Nihon Tankaku Washu.

Ke-empat sapi ras tersebut muncul melalui perkawinan silang dengan sapi kebanyakan dari Eropa pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Namun, keempat ras tersebut tidak boleh kawin silang dengan varietas sapi lainnya.

Di Jepang, ada tiga daerah paling populer yang memproduksi wagyu. Daging-daging wagyu itu biasanya diberi nama sesuai wilayah produksinya yakni Kobe, Matsusaka, dan Omi. Jepang sendiri memiliki lebih dari 150 merek daging wagyu.

Membicarakan daging sapi terenak di dunia, Tak bisa meninggalkan Daging sapi yang berasal dari Jepang ini menjadi menu premium di banyak restoran steak atau shabu-shabu.

Harganya selangit, namun sepadan dengan kualitasnya. Pasalnya wagyu berasal dari jenis sapi khusus yang mendapat sejumlah treatment istimewa selama dibesarkan peternak.

Contohnya wagyu Sirloin merupakan yang paling populer dan dianggap sebagai potongan daging sapi terbaik. Daging sirloin diambil dari pinggang sapi. Daging ini biasanya dijadikan sebagai hidangan steak, shabu-shabu, dan sukiyaki.

Selain Sirloin ada juga Wagyu Rib Eye yang merupakan gabungan antara daging tanpa lemak dan lemak, serta memiliki corak marmer yang indah. Selain itu, wagyu ribeye memiliki cita rasa umami yang kaya dengan kualitas terbaiknya. Daging ini biasanya dijadikan sebagai hidangan steak, shabu-shabu, dan sukiyaki. (Red3/Internasional)

Editor : Irene Indah

Advertisements
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,255