Mengenal Tanaman Poinsettia yang Mekar dan Berbunga di Bulan Desember, Cocok Jadi Hiasan Natal

KARAKTER : Kastuba merupakan tanaman yang umum ditemui menjelang perayaan Hari Natal. Tampilan tumbuhan ini pasti mudah dikenali dari salah satu karakter fisiknya, yaitu daun bagian atas yang berwarna merah yang terasa sesuai dengan berbagai hiasan Natal lainnya. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Poinsettia atau juga dikenal dengan kastuba merah adalah tanaman hias yang populer saat ini. Selama masih banyak peminatnya, kamu bisa menanam poinsettia ini di halaman rumah sebagai dekorasi menyambut Hari Natal.

Hal ini karena poinsettia mempunyai daun merah dan kelopak bunga kecil berwarna kuning atau putih, cocok dengan suasana Natal. Di negara-negara lainnya, poinsettia ini sudah lebih dulu populer digunakan sebagai dekorasi Natal.

Kalian tidak perlu ragu untuk menanam poinsettia, karena poinsettia yang berasal dari Meksiko ini cocok dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Poinsettia biasanya akan berbunga ketika pertengahan tahun dan akhir tahun. Jadi, ketika bulan Desember, poinsettia akan berbunga dan semakin indah untuk dekorasi Natal.

Lalu, bagaimana perawat poinsettia ? Untuk mengetahuinya kamu bisa mengenal tanaman hias ini terlebih dahulu.

  1. Iklim yang Cocok untuk Menanam Poinsettia
    Karena poinsettia ini berasal dari daerah yang tropis, yaitu Meksiko. Teman-teman tidak perlu khawatir akan pertumbuhan poinsettia jika ditanam di Indonesia.

Karena Indonesia dan Meksiko sama-sama negara tropis. Selain itu, tanaman hias poinsettia juga bisa tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim subtropis dan sedikit bersalju, kok. Asalkan, ketika ditanam di daerah yang beriklim lebih dingin, sebaiknya hindarkan poinsettia dari angin dan salju, ya.

  1. Melakukan Pemangkasan pada Poinsettia
    Agar dapat tumbuh lebih lebat, kamu bisa memangkas poinsettia secara rutin. Pangkaslah secara rutin, agar ketika Natal tiba, poinsettia lebih indah dan terlihat hidup dijadikan dekorasi natal.

Namun, ketika memangkas poinsettia, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan. Karena, poinsettia adalah jenis tanaman hias yang mengeluarkan getah putih dan bisa menyebabkan alergi. Pastikan juga kita mencuci tangan setelah memangkas poinsettia untuk menurunkan risiko terjadinya alergi.

  1. Menanam Poinsettia di Taman Rumah
    Jika kamu masih bingung di mana sebaiknya menanam poinsettia. Kita bisa menanam poinsettia di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Oleh karena itu, poinsettia cocok ditanam di taman rumah. Poinsettia juga membutuhkan tanah yang subur dan dikeringkan dengan baik.

Untuk membantunya tumbuh dengan baik, kita bisa memberikannya pupuk pada pertengahan tahun agar nantinya semakin sumbur di akhir tahun untuk dijadikan dekorasi Natal.

Nah, itulah tanaman hias poinsettia yang cocok dijadikan dekorasi pada Hari Natal.
(Red2/Hobi)

Advertisements

Editor : Irene Indah

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,593