Melestarikan Warisan Budaya Indonesia, Wayang Suket

PARTISIPASI : Danis salah satu anak dari Kota Tegal yang turut berpartisipasi dalam melestarikan budaya Wayang Suket Indonesia. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Wayang merupakan warisan budaya Indonesia. Wayang juga memiliki berbagai jenis. Salah satunya Wayang Suket.

Wayang Suket atau wayang rumput merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput.

Biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak – anak di desa – desa Jawa. Seniman yang mempopulerkan Wayang Suket ternyata berasal dari Tegal yaitu Ki Slamet Gundono.

Dalam pementasan Wayang Suketnya, Ki Slamet Gundono menggunakan beberapa alat musik yang terdiri dari gamelan, alat petik, tiup dan beberapa alat musik tradisional lainnya.

Walaupun Ki Slamet Gundono kini telah wafat, namun karyanya tetap dikenang dan dilestarikan. Sanggar Dongeng Suket di Dukuh Salam Kabupaten Tegal didirikan untuk melestarikan budaya Wayang Suket.

Selain Sanggar Dongeng Suket, saat ini juga telah dibentuk Komunitas Wayang Suket Indonesia.

Gaga Rizky, Dalang Wayang Suket bersama anak – anak muda Komunitas Wayang Suket Indonesia mempunyai visi misi membawakan kembali dan memperkenalkan Wayang Suket sebagai warisan budaya Indonesia. Bukan hanya generasi muda, namun kepada semua lapisan masyarakat.

“Mari kita turut melestarikan Wayang Suket sebagai bagian dari kesenian tradisional Indonesia, agar tetap dikenal anak cucu kita nanti” tutur Donna Motoh, Ibunda Danis salah satu anak yang mengikuti acara pengenalan Wayang Suket di Spasi Creative SpaceTegal.
(Red1/Seni & Budaya)

Editor : Ahmad Wachidin

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,401