Latihan Teknis Teritorial Kodim 0713 Brebes Guna Tingkatan Kompetensi Babinsa Brebes

KOMPETENSI : Seluruh anggota TNI dari Kodim 0713 Brebes ikuti Latnister (Latihan Teknis Teritorial) di Makodim kompleks. Bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para prajurit yang berdinas di satuan kewilayahan atau babinsa.(BeeNews.id/Zuhdu).

BREBES – Anggota TNI dari Kodim 0713 Brebes mengikuti Latnister (Latihan Teknis Teritorial) di Makodim kompleks. Rabu (8/3).

Disampaikan Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki melalui Pasiops Kodim Kapten Arhanud Suryadi SH, bahwa kegiatan Latnister bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para prajurit yang berdinas di satuan kewilayahan atau babinsa.

“Latnister dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu teori (6-10 Maret) dan praktek langsung lapangan di wilayah Kecamatan Bumiayu (13-17 Maret),” terangnya.

Untuk teori dititikberatkan pada materi ketatalaksanaan pembinaan teritorial (binter) yang meliputi kegiatan pengumpulan data (geografis, demografi, dan komsos), analisa kejadian, serta penyusunan rencana dan laporan kegiatan.

Sebagai contoh adalah aspek geografis yang didalamnya ada tanggap bencana alam dan pemanfaatan kondisi alam. Kemudian untuk demografi salah satunya adalah merekrut masyarakat sebagai komponen cadangan pertahanan negara (Linmas, Wanra, Pramuka Saka Wira).

Menurutnya, latihan tersebut juga untuk mengasah, mengingat, serta memelihara kemampuan babinsa dalam membina masyarakat desa, terlebih bagi para babinsa baru agar mereka cepat beradaptasi dalam pelaksanaan tugas teritorial secara cepat dan profesional sesuai tupoksinya (tugas pokok dan fungsinya).

Lanjut Suryadi, para babinsa juga diharapkan lebih baik lagi dalam membina SDM dan SDA di desa binaannya untuk kepentingan pertahanan negara yang menganut sistem pertahanan semesta. (Red3/Pendidikan).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,822