Lanal Tegal Tanam 5.000 Mangrove di Par In

MANGROVE : Komandan Lanal Tegal Letkol Marinir Moch. Chanan Asfihani menjelaskan, penanaman Mangrove dalam rangka peringatan Hari Mangrove se-Dunia secara serentak di 77 titik Se Indonesia, salah satunya di Par In Brebes. (BeeNews.id/Dinkominfotik Brebes)

BREBES – Mempengati Hari Mangrove se-Dunia, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal menanam 5.000 bibit batang Mangrove di Obyek Wisata Pantai Rangdusanga Indah (Par In) Brebes, Selasa (26/7).

Dipilihnya Par In sebagai tempat penanaman karena Mangrove di daerah Par In rusak parah, sehingga bibir pantai sering tergerus oleh ombak laut dan sering dilanda banjir Rob.

Di samping itu, untuk mengembalikan ekosistem pantai dan laut maka perlu ditanam kembali pohon mangrove agar pantai makin rimbun dan bisa menahan banjir rob.

Chanan Berharap apa yang dilakukan para TNI AL dengan mananam Mangrove bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Desa Rangdusanga Kulon Brebes.

Ia juga menandaskan, kalau TNI AL selalu siap mengerahkan kemampuannya, bila dibutuhkan.
“Ajaklah Kami di setiap kegiatan. Insya Allah Kami siap kerahkan kemampuan maksimal,” tandas Danlanal.

Penanaman Mangrove dilakukan selain jajaran TNI AL, juga Pokdarwis, Pramuka dan unsur masyarakat umum lainnya.

Tampak Wakil Bupati Brebess Narjo, S.H., M.H. ikut menanam berdampingan dengan Danlanal Tegal Letkol Marinir Moch. Chanan Asfihani dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemkab Brebes.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Narjo mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Danalanl Tegal. Untuk itu, diucapkan terimakasih kepada jajaran TNI AL.

Narjo berterima kasih khususnya kepada Lanal Tegal yang telah berkontribusi melakukan penyelamatan lingkungan dari abrasi melalui penanaman 5.000 bibit Mangrove.

Narjo berharap, Mangrove yang ditanam dapat menjadi benteng pertahanan masyarakat Desa Rangdusanga dari serangan Abrasi dan banjir Rob yang selalu terjadi dari tahun ketahun.

Advertisements

“Menanam Mangrove tidak serta merta dapat dirasakan manfaatnya, tapi yakinlah bahwa manfaat besar akan dirasakan di kemudian hari, untuk anak cucu kita,” pungkasnya. (Red4/Umum)

Editor: Nur Hayati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,477