Kunjungan Panitia Kerja Komisi IV DPR RI, Dedy Yon Ajukan Usulan

KOMITMEN MENJAGA : Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Muhammad Zaini menyampaikan bahwa permintaan bantuan dari masyarakat juga harus diimbangi dengan komitmen untuk menjaga dan memperhatikan operasional bantuan tersebut. Jangan sampai terbengkalainya alat-alat bantuan dari pemerintah.(BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Kedatangan Komisi IV DPR RI, untuk melihat secara langsung kondisi Pelabuhan Tegal Sari, Jumat (11/6) dimanfaatkan oleh Wali Kota Tegal dengan mengajukan beberapa usulan terkait peningkatan perekonomian pelaku ekonomi di Pelabuhan Tegal Sari.

Dedy Yon menyampaikan kebutuhan cold storage, baik yang permanen dan portable, armada mobil thermo, fiberbox dengan kapasitas 200 kilogram, basket industri, freezer ikan dengan kapasitas 500 kilogram dan alih fungsi gedung filler industri milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kemudian budidaya pembenihan ikan gurame dan nilai, pembangunan jalan menuju dalam kawasan industri pengolahan ikan masyarakat nelayan, normalisasi Kali Bacin untuk lalu lintas nelayan kecil, pembangunan TPI untuk nelayan kecil dan bantuan bioklop.

Lanjut Wali Kota Tegal, Dedy Yon, Dengan melihat lebih dekat secara langsung kondisi operasional Pelabuhan Tegal Sari, Beliau berharap dukungan dari DPR RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan agar bisa memberikan bantuan dari inventarisir permasalahan nelayan yang ada. Karena sektor perikanan adalah salah satu sektor andalan Kota Tegal.

Ketua Kelompok Pengolahan Ikan Cahaya Bahari, Gunaryo yang hadir dalam kesempatatan tersebut menyampaikan bahwa Nelayan dengan pengolah ikan ibarat suami istri yang hubungannya sangat erat dan saling membutuhkan.

Gunaryo menyampaikan bantuan dari Kementerian Perikanan di tahun 2009 masih dirawat dengan baik, namun perkembangan perikanan di Kota Tegal begitu pesat, sehingga Ia dan kelompoknya benar-benar membutuhkan tambahan kapasitas cold storage untuk menampung hasil pembelian ikan dari nelayan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panja Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini menyampaikan bahwa semenjak Pelabuhan Tegal Sari yang dibangun pada tahun 2004, belum pernah mendapatkan sentuhan dari Pemerintah pusat.

Padahal kapasitasnya sudah tiga kali lipat. Harus ada rekomendasi yang konkrit untuk pengembangan dan perbaikan sarana dan prasarana di pelabuhan ini

Sementara itu Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Muhammad Zaini, menyampaikan pihaknya akan melakukan penataan secara komprehensif.

Muhammad Zaini akan mendiskusikan dengan koperasi yang akan mengelola barang-barang bantuan tersebut. Sebab menurut Zaini pihaknya tidak bisa memberikan bantuan tersebut kepada perseorangan, tapi harus diberikan kepada koperasi yang diharuskan mampu untuk mengelola agar dapat berjalan kontinyu.
(Red1/Pemerintahan)

Advertisements

Editor : Nur Hayati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,866