Komunitas Peduli Kumbang Mencegah Penularan Virus Corona

PERAN KOMUNITAS : Ketua RW 03 Desa Balapulang Kulon Rahadi mengatakan, peran Komunitas Pemuda Balapulang (Kumbang) sangat penting dalam membantu warganya mencegah dan menangani penularan Covid-19 di desa. Selain itu juga ikut membantu membiayai kebutuhan bila ada warganya yang terkonfirmasi dan menjalani isolasi mandiri. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

BALAPULANG – Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran kemarin, Pemerintah Kabupaten Tegal terus mengintensifkan peran satgas Jogo Tonggo desa dan unit lingkungan. Salah satunya adalah satgas Desa Balapulang Kulon, Kecamatan Balapulang yang melibatkan Kumbang untuk mencegah agar penularan virus corona di wilayahnya tidak meluas.

Kumbang atau Kumpulan Pemuda Balapulang adalah komunitas peduli dari warga desa setempat yang sebagian besar anggotanya ada di perantauan. Keterangan ini disampaikan Ketua RW 03 Desa Balapulang Kulon Rahadi kemarin saat peninjauan program Jogo Tonggo oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.

Rahadi mengatakan, peran Kumbang sangat penting dalam membantu warganya mencegah dan menangani penularan Covid-19 di desa. Selain ikut membantu membiayai kebutuhan bila ada warganya yang terkonfirmasi dan menjalani isolasi mandiri, lewat media sosial komunitas mereka juga terlibat aktif mensosialisasikan tentang bahaya dan upaya pencegahan Covid-19, khususnya komunitas Kumbang RW 03.

“Selain warganya yang kompak, peran Kumbang sangat membantu mencegah transmisi virus dari pelaku perjalanan luar daerah. Sudah dua tahun ini warga RW 03 yang merantau tidak pulang kampung saat mudik Lebaran” kaya Rahadi.

Rahadi mengatakan jika aktifitas warga di lingkungannya selalu terpantau, terutama yang mendatangkan kerumunan seperti hajatan.

“Kami pastikan, pemilik acara sudah harus menyiapkan segala sesuatunya agar protokol kesehatan bisa diterapkan. Dari awal hingga akhir acara juga ada anggota satgas yang kami ikut melakukan pengawasan dan membantu penerapan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Joko Wantoro, mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal memberikan bantuan berupa 300 masker dan handsanitizer kepada warga RT03 RW03.

“Saya menilai, gerakan Jogo Tonggo di sini sudah sangat baik, dan ini memberikan dampak signifikan. Terbukti kasus terkonfirmasinya sedikit. Bisa disimpulkan, peran satgas Jogo Tonggo yang baik akan membuat warganya terlindungi dari penularan virus corona, begitupun sebaliknya,” tutup Joko.
(Red3/Umum)

Editor : Nur Hayati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,857