Ketua PWI Tegal dan Pimpinan Redaksi Koran Radar Tegal Beri Pembekalan Ilmu Jurnalistik Kepada Puluhan Babinsa Brebes

PEMBEKALAN : Puluhan Babinsa Kodim Brebes 0713 menerima pembekalan ilmu jurnalistik langsung oleh ketua pwi tegal dan pimred koran radar tegal di aula makodim brebes 0713. Kegiatan ini bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas pelaporan informasi serta pengambilan dokumentasi foto maupun video.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Puluhan babinsa di jajaran Kodim 0713 Brebes kembali dibekali ilmu jurnalistik modern guna meningkatkan kualitas pelaporan informasi serta pengambilan dokumentasi foto maupun video.

Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki mengatakan, bahwa informasi ke publik dengan mengoptimalkan teknologi yang bertujuan membangun citra positif suatu organisasi termasuk militer, sekarang sudah menjadi aspek penting karena tak semua organisasi memiliki sumber daya manusia di bidang komunikasi, jurnalistik, wawasan, serta penguasaan teknologi digital.

“Kemajuan teknologi digital dan perkembangan media sosial harus dimanfaatkan untuk memperkuat sinergitas antara TNI dengan rakyat maupun dengan segenap unsur lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, pemberitaan terkait segala kegiatan Kodim, baik itu operasi militer selain perang yakni penanganan bencana alam, ketahanan pangan, kesehatan, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, bukan hanya untuk pencitraan saja, namun bisa memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

“NKRI itu kuat karena TNI bersama rakyat dalam melakukan kegiatan apapun, dan ini harus diketahui publik bahwa rakyat Indonesia juga merupakan bagian dari pertahanan negara,” tegasnya.

Untuk itulah, ia berharap agar para babinsa kedepan bisa menyajikan informasi layak publik yang minimal mendekati kaidah jurnalistik.

Sementara disampaikan M. Fatkhurohman Pimred Koran Radar Tegal selaku salah satu narasumber, bahwa para babinsa mempunyai peran yang sangat strategis dalam menyajikan laporan kejadian di wilayah, termasuk berbagai kegiatan TNI di berbagai bidang.

Jika para babinsa menyajikan laporan sudah mencakup 5W dan 1 H, tentunya laporan itu akan menjadi bahan berita yang sayang jika dilewatkan oleh awak media.

“Kita mencoba menularkan kepada para babinsa untuk minimal bisa menulis straight news, yaitu laporan kejadian cepat yang berisi pokok-pokok berita yang bersifat informatif dan juga singkat namun menjawab unsur 5W+1H,” bebernya.

Kemudian pengambilan gambar atau foto dan video yang sesuai kaidah, sehingga dengan segenap kaidah tersebut maka diharapkannya para babinsa Kodim Brebes kedepan lebih mampu untuk mewarnai produk-produk jurnalistik di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Brebes khususnya.

Advertisements

Sedangkan M. Sekhun SHI.MM, selaku Ketua PWI Tegal yang juga menjadi narasumber, menambahkan terkait bagaimana menulis judul dan isi berita agar menarik para pembaca.

Menurutnya, orang akan mau membaca tulisan jika apa yang disajikan bersifat menarik dan itu penting. (Red3/Pendidikan).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,593