Kapolda Jateng Pantau Arus Balik H+5 Di Jalur Tol Brebes Via Udara

PRIORITAS : Kapolda Jateng Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi menyampaikan meski Prioritas pengamanan pada Jalur Tol namun jalur-jalur lain seperti arteri Pantura dan alternatif atau non tol jangan sampai disepelekan. Siagakan petugas di simpul-simpul kemacetan seperti di jalur Tengah dan Selatan Brebes tetap menjadi prioritas pengamanan. (BeeNews.id/doc)

BREBES – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K beserta PJU (Pejabat Utama) Polda Jateng memantau Arus Balik H+5 di jalur Tol Brebes Via Udara, Sabtu (07/05).

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, SIK, M.SI., beserta Kapolres dan Kasat Lantas Jajaran Eks Wil Pekalongan menyambut kedatangan Kapolda Jawa Tengah beserta PJU Polda Jateng menggunakan Hely di Hallypad Nasmoco Brebes.

Selain dalam rangka memantau arus, kunjungan tersebut juga dalam rangka pelaksanaan Analisa & Evaluasi (Anev) Pengamanan Arus Balik Lebaran 2022.

Dalam kunjungan tersebut Kapolda Jateng yang di dampingi Karo Ops, Dirlantas, Dirkrimum, Dansat Brimob dan Dir Sabhara Polda Jateng serta Kapolres Jajaran Eks Wil Pekalongan Polda Jateng.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jateng menyampaikan arahan kepada Kapolres dan Kasat Lantas Jajaran di Posko Terpadu Pejagan terkait Pengamanan Arus Balik yaitu agar petugas dilapangan mengantisipasi membeludaknya pengunjung di Rest Area dalam Tol terlebih lagi saat diberlakukan one way.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa Evaluasi pelaksanaan tugas pengamanan Arus Balik Lebaran 2022 sampai dengan hari Kamis 5 Mei 2022 total kendaraan yg sudah melewati Gate Kalikangkung kurang lebih banyak 62.000 kendaraan.

Sampai dengan hari Jum’at Malam mencapai 68.000 ribu kendaraan, jika dilihat rata-rata harian kendaraan yg melewati Gate Kalikangkung maka arus balik sudah memuncak pada Jum’at malam, tetapi ini jangan menjadi bangga karena Arus mudik yang melewati Gate Kalikangkung total sekitar 750.000 kendaraan, arus balik sampai dengan tadi malam sudah mencapai 350.000 lebih kendaraan, sehingga kita masih harus menyiapkan tenaga dan personil secara maksimal.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto SIK. M.Si menyampaikan bahwa kepadatan sempat terjadi di jalur Tol KM 260, KM 248 serta di jalur one way di KM 252 saat pertama di berlakukannya sistem One Way pada Hari Jum’at yang diakibatkan karena banyaknya kendaraan yang akan masuk ke Reast Area. Kepadatan juga di akibatkan karena beberapa kendaraan yang hendak beralih jalur dari jalur normal (B) ke jalur One Way jalur (A).

Kemudian langkah-langkah yang Polres Brebes lakukan yaitu kami koordinasi dengan pengelola dan petugas pos PAM, dari hasil evaluasi terjadi kekurangan personil di rest area tersebut selanjutnya kami melakukan penambahan personil di Rest Area KM 260 A dan KM 252 B.

Setelah dilakukan pengaturan dan melakukan sistem buka tutup di Rest Area Alhamdulillah permasalahan dapat diatasi, sampai dengan saat ini arus balik di Jalan Tol yang melewati wilayah Kabupaten Brebes ramai lancar.

Advertisements

Sementara di jalur Arteri Tengah dan Selatan Brebes terjadi antrian dan kepadatan arus hingga wilayah perbatasan Banyumas. Polres Brebes sudah melakukan One Way Lokal sebanyak 3-5 Kali dalam sehari, karena diwilayah tersebut banyak trobelspot dari Wilayah Banyumas sampai dengan Wilayah Brebes bagian tengah, sehingga kami selalu berkoordinasi dengan Kapolresta Banyumas untuk melakukan pengaturan sehingga arus dapat berjalan dengan lancar.

Faisal meminta para pengguna jalan untuk bersabar dan mentaat peraturan lalu lintas juga untuk mengikuti arahan petugas di lapangan karena saat ini Polri dan stakeholder terkait tengah berupaya maksimal melalui menajemen rekayasa lalu lintas agar arus balik berjalan dengan baik.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,701